2 Cara Legalisir Paspor dengan Cepat dan Mudah

legalisir

Legalisir biasanya dilakukan untuk melegalkan dokumen resmi yang sudah difotokpoi dengan membubuhkan cap oleh pihak yang berwenang sebagai pembuktian bahwa dokumen fotokopi tersebut sesuai dengan dokumen asli.

Pada umumnya, dokumen yang paling sering dilegalisir adalah Ijazah sekolah maupun universitas yang digunakan untuk berbagai keperluan. Legalisir dokumen seperti Ijazah, dapat dilakukan dengan membawa dokumen fotokopi dan dokumen asli kepada lembaga yang mengeluarkan dokumen tersebut untuk kasus ini adalah sekolah terkait.

Namun apa jadinya bila anda ingin melegalisir paspor. Berbeda dengan Ijazah yang sudah lazim untuk dilegalisir, melegalisir paspor mungkin bukan hal yang sering kita temui dan jarang dibutuhkan.

Dan untuk artikel kali ini, kami mencoba untuk membagikan info cara cepat dalam melegalisir paspor. Biasanya legalisir paspor sering digunakan buat anda yang membutuhkan dokumen bukti kewarganegaraan yang sah.

Menyerahkan paspor lebih praktis sebab kita tidak perlu menerjemahkan isi dari paspor kebahas lain dan ini akan lebih menghemat waktu bila dibandingkan dengan menyerahkan dokumen seperti akta kelahiran ataupun kartu keluarga.

Untuk cara 1 yaitu

Coba datangi kantor Imigrasi terdekat dikota anda

Legalisir
Coba Kunjungi Kantor Imigrasi yang Mengeluarkan Paspor Anda untuk Meminta Legalisir

Mungkin mendatangi kantor imigrasi adalah hal yang lumrah untuk mencari legalisir paspor. Namun patut diperhatikan bahwa untuk dapat melegalisir paspor, maka kantor imigrasi tersebut haruslah juga kantor imigrasi yang sama yang telah mengeluarkan paspor anda.



Sebagai contoh bila anda membuat paspor di kantor imigrasi Bandung di jalan suci, maka anda hanya bisa meminta legalisir dikantor imigrasi Bandung saja.

Untuk meminta legalisir, langsung saja membawa photocopy paspor dan juga paspor asli kebagian informasi. Tenang saja untuk meminta legalisir anda tidak perlu mengikuti antrian orang-orang yang membuat paspor, tetapi bisa langsung ke meja Informasi.

Keuntungan dari legalisir dikantor imigrasi adalah biayanya yang gratis dan anda bebas untuk menyertakan jumlah dokumen yang ingin anda legalisir sesuai keinginan (tapi jangan banyak-banyak juga ya)

Mungkin kekurangannya adalah legalisir tidak bisa dilakukan dikantor imigrasi berbeda dari yang mengeluarkan paspor anda. Serta bila yang berwenang untuk memberikan legalisir sedang rapat atau ada urusan yang lebih penting anda mungkin harus sabar menunggu dan itu memakan waktu yang tidak sedikit.

Bila anda mengalami masalah seperti diatas dan membutuhkan waktu yang sangat cepat untuk melegalisir paspor anda mungkin cara kedua ini adalah solusinya.

Coba datangi kantor notaris terdekat

Legalsir Passport
Kunjungi Notaris untuk Meminta Legalisir Paspor Bisa Menjadi Opsi yang Baik

Bila anda ingin melegalisir dokumen apapun baik itu paspor, sertifikat lomba atau sertifikat bahasa Inggris, dimana lembaga yang mengeluarkan dokumen bersangkutan tidak memungkinkan untuk melakukan legalisir sebab adanya masalah jarak atau waktu yang sudah terlalu mepet, saya sangat menyarankan untuk melegalisir dokumen kepada notaris.

Notaris menjadi penyelamat buat anda yang sangat hobi menjadi deadliner, sebab dokumen seperti paspor yang ingin anda legalisir dapat dilakukan dalam waktu 3-5 menit.



Namun dengan pelayanan serba cepat itu pasti ada harga yang harus dibayar. Ya tepat sekali, setelah beberapa kali survey, untuk legalisir perlembarnya rata-rata anda harus merogoh kocek sebesar Rp. 50.000 atau bila tangan anda sedang apes mungkin anda bisa saja merogoh kocek Rp. 100.000 per lembar (harga ini berdasarkan pengalaman, mungkin bisa berbeda sewaktu-waktu). Tapi teman saya yang lagi beruntung sempet juga mendapatkan notaris dengan biaya legalisir Rp. 5.000/per lembar.

Itulah mahalnya sebuah kepastian, sebab dengan adanya legalisir dari notaris maka dokumen paspor anda sudah pasti menjadi resmi.

Jadi buat anda yang ingin melegalisir paspor untuk kebutuhan beasiswa misalnya, tidak usah bingung anda dapat mencoba kedua cara diatas.

 

(Visited 1,140 times, 1 visits today)

One thought on “2 Cara Legalisir Paspor dengan Cepat dan Mudah

Leave a Reply