3 Tips Diterima Google Adsense Setelah 2 Kali Gagal

Adsense

Google Adsense menjadi impian bagi hampir semua blogger untuk mendapatkan keuntungan dari blog yang dijalankannya. Bahkan mungkin tujuan awal banyak blogger berkecimpung dalam dunia blog adalah demi mendapatkan pundi-pundi rupiah dari Google Adsense.

Melihat banyaknya artikel berseliweran mengenai cara diterima Google Adsense, membuat saya tertarik ikut untuk menyumbangkan tulisan mengenai topik ini. Secara kebetulan saya akhirnya berhasil diterima oleh Google Adsense, setelah penantian sekitar 8 bulan lamanya dalam mengembangkan blog ini.

Secara pengalaman, ini kali pertamanya saya mengembangkan sebuah blog secara serius menggunakan hosting berbayar dan pertama kalinya diterima oleh Google Adsense. Sehingga artikel ini pure berasal dari kacamata seorang newbie dan isinya semoga cukup berbeda dari artikel-artikel yang sudah berseliweran selama ini.

Baca disini Alasan menggunakan hosting berbayar

Secara kronologi saya mendaftar Google Adsense sebanyak 3 kali, dimana 2 diantaranya ditolak dan pada percobaan ke-3 akhirnya diterima. Untuk membahas tips bagaimana diterima oleh Google Adsense, saya mencoba menceritakan dalam bentuk kronologi dari 3 kali mendaftar program afiliasi ini. Sehingga dengan cara berbeda ini, pembaca dapat lebih mengerti dan semoga dapat diterima oleh program Adsense ini.

Awal pembuatan Blog 11 November 2016

Saya memutuskan membuat blog, bertemakan teknologi dan travelling (walaupun secara kenyataan artikelnya terus menyimpang dari tema awal). Dengan nekat saya mengambil Hosting berbayar dan membeli domain agar lebih serius menjalankan blog ini.

Baca disini alasan memilih hosting berbayar

Pada awalnya saya menyiapkan beberapa standar operasional dalam menjalankan blog ini seperti

  • Mempost artikel seminggu sekali
  • Artikel dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
  • Tambahkan sedikit selera humor dalam tulisan (walaupun pada ujungnya tidak digunakan)
  • Buat fanpage facebook
  • Setiap hari blogwalking ke blog lain dan promosi ke grup blogger di Facebook (Walaupun ini baru rutin dilakukan sejak akhir desember 2016)

Kemudian sebelum blog ini diluncurkan saya menyiapkan struktur dasar dari blog ini, seperti tag yang memisahkan blog Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, kategori yang memisahkan artikel dan juga projects, serta pages tentang about us dan must read yang berisi kumpulan tulisan yang layak untuk dibaca.

Dan akhirnya blog diluncurkan pada tanggal tersebut.

Pendaftaran Adsense ke-1 12 Januari 2017

Status blog saat itu

  • Blog berusia 2 bulan
  • Jumlah Artikel 25 posts
  • Jumlah page views 954 views, yang berarti jumlah views rata-rata perhari sebanyak 16 views

Dengan kondisi diatas, dengan percaya diri dan mimpi diterima oleh google adsense akhirnya saya mendaftar google adsense, setelah mengisi beberapa form seperti alamat website, alamat email pemilik website. Akhirnya tahap 1 pendaftaran adsense berhasil saya lewati.

adsense
Jangan lupa untuk memasang kode iklan anda dengan mengklik ad units agar dapat diverifikasi oleh tim google

Tanpa ada pemberitahuan, entah kenapa saya berhasil mengakses dashboard utama dari google adsense. Setelah membaca beberapa artikel, ternyata pada tahap ini kita harus memasukkan kode iklan yang disediakan oleh adsense kedalam blog yang kita daftarkan dengan mengklik ad units (ingat untuk melakukan langkah ini, sebab ini adalah tahap 2 dari pendaftaran google adsense, dimana tim google akan melihat kinerja dari website yang kamu daftarkan).

Setelah beberapa hari muncul email yang dinanti-nanti, dan berisi

adsense
Surat Penolakan dari Google Adsense tiba

Saya menduga-duga mungkin terdapat beberapa artikel yang hanya dituliskan dengan panjang 100 kata saja, dan itu melanggar peraturan dari google.

Pendaftaran Adsense ke-2 17 Maret 2017

Pada saat ini saya sudah berhenti melakukan blogwalking, karena dari kacamata saya, saya melihat kebanyakan viewer dari techraveller.com adalah orang-orang yang saya datangi blog mereka saat blogwalking, dan entah kenapa selama kegiatan blogwalking ini saya lakukan dengan tujuan networking serta meningkatkan view tidak terlaksana dengan baik, mungkin ada yang salah dengan teknik blogwalking saya sehingga saya memutuskan menghentikan teknik ini.

adsense
Kondisi trafik website saat pendaftaran Adsense ke-2

Dan mencoba beberapa teknik baru, seperti berfokus mencari viewer melalui google search engine dan fokus meningkatkan SEO mengunakan plugin YOAST SEO.

Setelah membaca beberapa artikel mengenai cara lolos Adsense, maka saya menambahkan beberapa fitur selama periode 12 januari -17 maret 2017, seperti:

  • Menambah Halaman Contact Us
  • Mendaftar Google Analytics
  • Membuat sitemap dari blog
  • Mendaftar Google Webmaster agar melihat sitemap yang sudah dibuat apakah telah dicrawl oleh google atau belum

Dengan beberapa upgrade diatas, status blog saat itu

  • Blog berusia 4 Bulan 6 hari
  • Jumlah artikel 32 Posts
  • Jumlah page views 1800 views, yang berarti jumlah views rata-rata perhari sebanyak 15 views

Setelah beberapa hari muncul email yang dinanti-nanti, dan berisi

adsense
Surat Penolakan dari Google Adsense tiba LAGI

Padahal rata-rata tulisan baru yang saya buat, rata-rata terdiri dari 500 – 800 kata, sehingga menurut saya kualitas artikel bukanlah masalah utama saya ditolak adsense.

Pendaftaran Adsense ke-3 11 Juli 2017

Bebrapa hari belakang saya melihat trafik website saya cukup meningkat dengan rata-rata 50 page views per hari, dan saya dengan iseng mendaftar untuk ketiga kalinya google adsense.

Dengan beberapa kali membaca artikel di Internet, dan saya menemukan salah satu artikel yang sangat komperhensif serta mendetail membahas topik adsense ini yaitu allbloggingtips.com (thanks for the advice dude).

adsense
Kondisi Trafik Website Saat Pendaftaran ke-3

Teknik yang saya gunakan dengan berfokus mencari viewer melalui google search engine dan berfokus meningkatkan SEO mengunakan plugin YOAST SEO terlihat berhasil. Beberapa artikel saya terdapat dihalaman 1 google untuk kata kunci tertentu. Hal ini membuat hampir 75% traffic saya berasal dari google search engine.

Untuk pendaftaran kali ini terdapat beberapa upgarde yang saya lakukan yaitu

  • Menambah halaman privacy policy
  • Menggunakan plugin YOAST Seo

Status blog saat itu

  • Blog berusia 7 Bulan
  • Jumlah artikel 39 Posts
  • Jumlah page views 4863 views, yang berarti jumlah views rata-rata perhari sebanyak 23 views

Dan setelah menunggu selama seminggu akhirnya pengumuman tersebut akhirnya keluar

adsense
Setelah 1 minggu, berita yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba

Kesimpulan

Dari pengalaman ini terdapat beberapa pelajaran yang bisa saya ambil agar diterima oleh google adsense (ini hanya pandangan dari saya yang awam, melihat dari pengalaman yang saya dapatkan) seperti

  • Buatlah halaman about us, contact us, privacy policy
  • Buatlah artikel berkualitas, sehingga dapat menghasilkan view dari google search engine
  • Blog berumur lebih dari 6 bulan
  • Post sebaiknya berjumlah 40 keatas.

Namun kondisi diatas dapat berubah sewaktu-waktu karena kualitas blog seseorang berbeda 1 sama lain sehingga mungkin ada beberapa orang yang tidak merasakan kondisi seperti diatas sehingga tidak ada jawaban yang pasti dalam mendaftar google adsense.

Namun saya berharap semoga dengan artikel ini, para pembaca dapat terbantu dan mendapat gambaran bagaimana cara mendaftar google adsense yang lebih baik dari pengalaman ini.

(Visited 389 times, 1 visits today)

4 thoughts on “3 Tips Diterima Google Adsense Setelah 2 Kali Gagal

  1. Saya sudah ikutin TOS google, trus masih ditolak, katanya web saya kebanyakan gambar, padahal gambarnya normal aja kayak biasanya, bingung 🙁

    1. Nah sepertinya dalam mendaftar adsense memang banyak jalan menuju Roma, ini salah satu cara yang saya coba dan bisa berhasil mungkin dalam kasus anda, anda wajib membaca referensi lain dan mencobanya, google adsense memang sistemnya trial and error jadi harus sering-sering mencoba

  2. Terus terang saya agak bingung juga jika harus berbicara mengenai apa saja yang menjadi syarat disetujuinya permohonan menjadi publisher google adsense, sebab dari beberapa kasus dan cara pendaftaran google adsense yang saya baca di blog lain memilki spesifikasi dan pengalaman yang berbeda. Jadi, sebenarnya tidak ada patokan pendaftaran google adsense yang benar – benar pas untuk diikuti. Bisa saja cara diatas gagal/disapprove ketika ditiru orang lain. Tapi paling tidak pengalaman diatas bisa menjadi sebuah refernsi yang bagus.

    1. Setuju tidak ada cara pasti untuk tembus google adsense, yang ada hanya baca referensi dan terus mencoba sampai berhasil

Leave a Reply