3 Website Project Do It Yourself (DIY) Yang Dapat Mengubah Dunia

Setelah melewati 3 minggu tanpa artikel akibat kechaosan pekerjaan dan mencari S2, akhirnya kami kembali dengan mencoba menceritakan beberapa project Do It Yourself yang dapat mengubah Dunia.

Untuk yang belum tau, Do It Yourself (DIY) adalah kegiatan membuat, memodifikasi atau memperbaiki sesuatu tanpa petunjuk dari orang yang berkeahlian atau dapat dibilang semua hal dilakukan sendiri tanpa latar belakang keahlian tertentu.

Untuk saat ini, Indonesia sedang keranjingan dengan kegiatan DIY atau bahasa Indonesianya Swakriya. Terdapat beberapa Web dan Blog yang mulai fokus mewartakan artikel berisi tutorial-tutorial cara membuat sesuatu, walaupun kebanyakan masih berkaitan dengan tutorial makeup, tutorial yang berkaitan dengan komputer dan tutorial membuat kerajinan tangan sederhana.

Namun semakin menyelam kedalam dunia perDIYan, saya semakin melihat bahwa potensi dari DIY tidak hanya sebagai media tutorial namun juga dapat menjadi media pergerakan untuk mengajak masyarakat bergerak dengan ide yang kita punya untuk membuat perubahan.

Menata Tutorial dengan rapih, dapat mengajak dan membuat orang-orang memahami maksud dari ide kita bahkan ikut mengimplementasikan ide yang kita sebarkan. Walaupun DIY bersifat open source, namun terdapat beberapa tutorial DIY yang bahkan dapat disebut sebagai sebuah gerakan.

Berikut Techraveller mencoba merangkum 3 Website DIY yang dapat mengubah Dunia

1. FarmBot

Buat anda yang hobi berkebun namun tidak punya waktu untuk mengurusnya, mungkin tutorial DIY yang dihadirkan oleh FarmBot dapat menjadi solusi untuk anda.

FarmBot adalah sebuah perusahaan yang bertujuan untuk menyebarkan kegiatan open farm atau pemenuhan kebutuhan pangan setiap orang yang tidak bergantung pada pihak tertentu dengan membangun sendiri lahan pangan yang diinginkan.

FarmBot
FarmBot: Kebun Otomatis Yang Dapat Anda Buat Sendiri

Dengan kombinasi beberapa komponen mekanik serta elektronik, membuat anda dapat berkebun dihalaman secara otomatis dan mandiri serta tidak perlu memantau secara langsung kondisi kebun anda, karena FarmBot dapat dipantau dan dikendalikan dari jarak jauh.

FarmBot
Pantau Kebun Anda Darimana saja Dengan aplikasi yang sudah disediakan
FarmBot
Membuat Sendiri part-part FarmBot dengan desain CAD yang sudah disediakan
FarmBot
Petunjuk Pemasangan Perangkat Elektronik pun Sudah Disediakan

Tertarik dengan ide ini? Tenang saja FarmBot menyediakan segala tutorial untuk membuat mesin ini, mulai dari desain CAD tiap komponen, sehingga kita dapat mencetak komponen dengan 3D printing, kemudian software untuk menggerakkan mesin serta tutorial-tutorial berisi cara merangkai mesin ini telah disediakan dengan cuma-cuma.

FarmBot
Petunjuk Pembuatan dan Resources Sudah Tersedia Dengan Lengkap Di Web FarmBot

Bila anda malas membuatnya, mungkin membeli mesin ini dapat menjadi pilihan namun itu akan menghilangkan keseruan dalam pembuatan mesin ini.

2.Precious Plastic

Website ini sudah sempat kami bahas pada artikel sebelumnya

Baca: Precious Plastic: Project Unik Yang Dapat Mengurangi Sampah Plastik

Bila anda tertarik dengan gerakan untuk mengurangi sampah plastik, mungkin website tutorial ini cocok untuk anda.

Gerakan precious plastic bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang ada di Bumi dengan cara membagikan tutorial cara membuat alat pengolah sampah plastik untuk skala rumahan.

Precious Plastic
Berbagai macam peralatan yang dapat dibuat menggunakan mesin Precious Plastic
Precious Plastic
4 Jenis mesin Precious Plastic yang dapat dibuat

Precious plastic menyediakan tutorial cara membuat 4 mesin pengolah plastik yang dapat kamu gunakan untuk mengolah sampah plastik. Dengan ke-4 mesin ini, sampah plastik yang bersifat kaku dan sulit dibentuk dapat diolah menjadi bahan-bahan baru siap pakai atau bahkan dijual kepada orang lain.

Precious Plastic
Tutorial Disusun Sesimpel Mungkin Dengan Video Yang Mempermudah Disetiap Langkahnya

Tutorial yang disajikan pun didesain dengan sangat simpel dan mudah dimengerti,  mulai dari blueprint untuk membuat desain mesin, petunjuk merangkai tiap mesin bahkan hebatnya lagi terdapat video untuk setiap langkah yang akan dilakukan untuk membuat mesin ini.

Jadi bila anda tertarik membuat ke-4 mesin ini, jangan takut mencoba karena setiap langkahnya sudah didesain sesederhana dan sesimpel mungkin untuk para pembacanya.

3. Instructables.com

Jadi bila anda tertarik dengan dunia DIY tetapi masih bingung ingin membuat apa, serta merasa produk DIY dari 2 website sebelumnya terlihat terlalu sulit untuk diwujudkan, mungkin anda bisa mencoba mengunjungi instructables.com

Instructables adalah satu website yang bergerak sebagai platform bagi para pengiat kegiatan DIY untuk mengshare apa yang sudah mereka buat. Dengan jumlah pengguna mencapai 2 juta user membuat website ini selalu terupdate dengan artikel-artikel baru setiap harinya.

Instructables
Berbagai Macam Tutorial DIY Tersedia Pada Website Ini

Artikel DIY yang disediakanpun sudah menjangkau berbagai bidang, mulai dari elektronik, 3d printing hingga hal-hal sederhana seperti cara memanfaatkan tutup botol bekas. Selain artikel terdapat juga, kelas-kelas yang dapat anda ikuti yang mengajarkan mengenai topik-topik yang dapat meningkatkan kemampuan anda dalam berkegiatan swakriya.

Instructables
Terdapat Fitur Kelas, Buat Kamu Ynag Ingin Meningkatkan Skill DIY

Dan yang paling menarik adalah kompetisi antar tutorial yang selalu ada setiap waktu dengan hadiah-hadiah menarik untuk selalu meningkatkan semangat anda dalam berkarya.

Dengan adanya website ini, maka gerakan untuk lebih menggiatkan kegiatan DIY semakin dapat terlaksana dimana diharapkan banyak orang dapat tertolong oleh website ini melalui artikel-artikel yang telah disediakan.

 

(Visited 805 times, 1 visits today)

One thought on “3 Website Project Do It Yourself (DIY) Yang Dapat Mengubah Dunia

Leave a Reply