4 Peluang Beasiswa Kuliah di Swedia

beaiswa

Beasiswa menjadi hal yang penting agar dapat melanjutkan kuliah di luar negeri. Berikut merupakan list beasiswa yang dapat di apply untuk melanjutkan studi di Swedia. Kebetulan penulis sedang menempuh studi masternya disini dan mencoba untuk berbagi pengalaman dalam mencari beasiswa.

Baca: 11 Alasan memilih kuliah di Swedia

1. Coba Beasiswa Dari Swedish Institute

Swedish Institute adalah sebuah agensi pemerintahan di Swedia yang bertugas untuk menyebarkan informasi mengenai Swedia ke Negara lain. Salah satu programnya adalah memberikan beasiswa dengan nama Swedish Institute Study Scholarships (SISS) yang dapat di apply oleh masyarakat Indonesia. Terdapat berbagai jenis beasiswa lain, namun hanya SISS yang bisa kita apply.

Beasiswa Swedia dari SISS ini akan mengcover

  • Seluruh biaya kuliah
  • Biaya hidup perbulan sebesar 9000 SEK/month
  • Travel cost 15000 SEK
  • Biaya pembuatan visa
  • Asuransi selama berada di Swedia
  • Kesempatan bergabung dengan SI network for future global leaders

Seleksi beasiswa ini dilakukan dalam 2 tahap, pertama melakukan pendaftaran universitas di universityadmissions.se (Baca artikel berikut: Cara mendaftar master program di Swedia) dimana untuk tahun 2018 deadlinenya 15 Jan 2018, Kemudian tahap berikutnya adalah melakukan pendaftaran beasiswa Swedish Institute di websitenya yaitu https://si.se/en/apply/scholarships/swedish-institute-study-scholarships/#requireddoc (Ingat bahwa WNI hanya bisa mengapply tipe beasiswa ini) dari tanggal 2 feb 2018 – 9 feb 2018.

Bila diperhatikan pendaftaraan beasiswa tahun ini hanya dijadikan satu tahap saja, yaitu dengan menyerahkan dokumen seperti

  • motivation letter with swedish institute format
  • CV with europass format
  • 2 letter of reference with Swedish Institute format
  • Proof of work and leadership (3000 hours work experience) with swedish institute format
  • Copy of passport

Untuk diingat salah satu syarat mendaftar beasiswa ini adalah kalian harus memiliki pengalaman kerja full time ataupun part time selama 3000 jam atau setara dengan 1,5 tahun pengalaman kerja (Namun saya kemarin juga memasukkan pengalaman menjadi asisten lab di kampus dan bekerja selama di kampus), Kemudian Jurusan yang diapply harus masuk kedalam list prioritas dari Swedish Institute (Daftar Jurusan yang bisa diapply). Karena biasanya kita bisa mendaftar lebih dari 1 jurusan maka saat mengapply beasiswa ini, kita wajib mensubmit jumlah dokumen sebanyak jumlah jurusan yang kita apply. Contoh bila kita mendaftarkan 4 jurusan di universityadmission maka jumlah dokumen yang disubmit adalah sebanyak 4 buah untuk masin-masing jurusan.

Bagaimana peluang untuk mendapatkan beasiswa? Untuk tahun ini jumlah beasiswa yang dibagikan sebanyak 60 beasiswa untuk kategori 2, dimana kategori 2 terdiri dari beberapa negara seperti Brazil, Indoensia, Mesir, Vietnam, kolombia, Ghana dan Iran.

beasiswa
List negara yang bisa mendaftar beasiswa SI

2. Beasiswa Dari Innoenergy Bisa Membawamu Berkuliah di Universitas TOP Eropa

Untuk kalian yang berniat melanjutkan master dengan fokus kearah renewable energy dan sustainable development maka Innoenergy menjadi pilihan yang tepat untuk diambil. Terdapat 7 program yang ditawarkan oleh innoenergy seperti smart city, renewable energy, nuclear, smart electrical network dan masih banyak lagi.

Cek website beasiswanya disini http://www.innoenergy.com/education/master-school/ 

Program ini akan membawamu ke 2 universitas yang berbeda di Eropa, seperti KTH Royal Institute of Technology di Swedia, KU Leuven di Belgia, Eindhoven University of Technology di Belanda dan masih banyak lagi. Pada program ini kamu akan menghabiskan setiap tahunnya di kampus yang berbeda.

Akan terdapat 3 bentuk penerimaan saat pengumuman natinya yang pertama

  • Diterima secara full, yaitu mendapatkan biaya hidup perbulan sebesar 7000 SEK dan biaya kuliah digratiskan
  • Diterima partial yaitu biaya kuliah digratiskan
  • Diterima di Program namun harus membayar uang kuliah

Terdapat beberapa syarat untuk mendaftar program ini yaitu

  • Bachelor’s degree certificate
  • Transcript akademik
  • Proof of English proficiency
  • CV
  • copy of passport
  • motivation letter untuk program tertentu
  • Pertanyaan mengenai motivasi dan pengalaman dalam bidang inovasi dan kewirausaahan (Pertanyaan ini akan diberikan saat mengapply secara online di website innoenergy)
  • Dokumen tambahan seperti internship, pengalaman kerja dan prestasi.

3. Beasiswa LPDP Selalu Menjadi Incaran Banyak Orang

Pilihan yang selalu digandrungi oleh pemburu beasiswa di tanah air. Bila dibandingkan beasiswa LPDP dengan beasiswa yang lain, maka beasiswa inilah yang menawarkan tunjangan hidup perbulan yang paling tinggi.

Karena saya tidak pernah mengapply beasiswa ini, maka saya tidak berkompeten untuk menjelaskan beasiswa LPDP. Hanya saja dari informasi yang saya dapatkan biaya dari LPDP itu mencakup biaya bulanan, tiket, settalment allowance dan uang buku.

4. Perhatikan Beasiswa dari Kampus

Informasi mengenai beasiswa ini memang patut dicari sendiri sebab informasinya tersebar dimana-mana. Karena saya berkuliah di KTH, maka informasi yang dapat saya bagikan menegani beasiswa ini adalah mengenai KTH Scholarship dan KTH Master Challenges 

Untuk peraih beasiswa KTH Scholarship, maka anda akan mendapatkan fee waiver selama tahun pertama dan kedua berkuliah di KTH. Syarat untuk mengapply beasiswa ini adalah

  • GPA
  • University ranking of applicant’s bachelor degree
  • Selection process and recommendation of the director of the applied master’s programme
  • Applicant’s motivation, relevant work experience and extra-curricular activities

Untuk beasiswa KTH Master Challenges, hanya diperuntukan untuk pelajar dari India dan juga Indonesia. Untuk program yang ditawarkan kepada pelajar Indonesia sendiri terdapat jurusan machine learning dan vehicle engineering. Seleksi beasiswa ini berupa kompetisi dimana pelamar akan diberikan quiz dan juga case study untuk diselesaikan. Hanya saja untuk tahun ini deadline dari beasiswa ini sudah selesai.

Namun biasanya beasiswa jenis ini selalu diadakan seperti tahun lalu diadakan oleh chalmers university dengan jurusan telecommunication engineering, dan 2 tahun sebelumnya diadakan kembali oleh KTH engan jurusan yang diberikan beasiswa adalah vehicle engineering dan aerospace engineering.

(Visited 932 times, 1 visits today)

One thought on “4 Peluang Beasiswa Kuliah di Swedia

  1. Pingback: Mau Beasiswa Ke Swedia? Bisa! Tips Ini Bisa Membantu – Event Hunter Indonesia

Leave a Reply