5 Perbedaan Penting Tes TOEFL dan IELTS, Ambil Yang Mana?

toefl

Untuk anda yang ingin melanjutkan Studi S2 di Luar Negeri, syarat kemapuan berbahasa Inggris menjadi harga mutlak yang wajib tersedia. Untuk saat ini terdapat 2 tes paling populer yang sering dipergunakan sebagai bukti kemampuan berbahasa Inggris yaitu TOEFL dan IELTS. Hanya saja sering kali kita bingung, sebenarnya tes yang mana sebaiknya kita ambil? dan mana yang lebih mudah untuk dikerjakan? Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas mengenai 5 perbedaan penting antara tes IELTS dan TOEFL (untuk kali ini, yang dibahas adalah TOEFL IBT, karena tes ini yang diterima secara internasional), berikut ulasannya.

Read more : 4 tips test IELTS tanpa les

Read more: pengalaman mendaftar S2 di universitas Swedia

1. Bentuk Soal

Perbedaan yang sangat mencolok diantara kedua tes, terdapat dalam bentuk soal yang disajikan. Walaupun kedua tes memberikan soal dalam beberapa kategori seperti reading, writing, listening dan speaking. Namun terdapat perbedaan yang sangat mendasar yang dapat mempengaruhi hasil akhir kamu.

toefl
Perbedaan bentuk soal TOEFL dan IELTS

2. Mana Yang Lebih Susah

Kedua tes ini sebenarnya sudah didesain secara seimbang untuk mengeksplore kemampuan peserta. Hanya saja yang membuat perbedaan tergantung dari skill bahasa inggris tiap-tiap orang serta kenyamanan dalam mengerjakan bentuk soal tertentu.

Untuk IELTS sendiri karena bentuk soalnya kebanyakan isian singkat sehingga pemahaman terhadap bahasa Inggris harus lebih ditingkatkan. Terutama dalam menulis jawaban sebab bila sedikit saja salah menulis jawaban misalnya lupa menambahkan huruf s untuk objek jamak maka bisa dianggap salah. Selain itu untuk IELTS, soal dibuat untuk semua kalangan dan tidak berfokus pada teks akademik saja, sehingga bagi anda yang tidak terbiasa membaca teks akademik masih bisa menjawab soal-soal IELTS.

Read more : 4 tips test IELTS tanpa les

Kemudian untuk TOEFL karena bentuk soal semuanya pilihan ganda, sehingga kita tinggal memilih jawaban berdasarkan pilihan yang ada. Namun hati-hati, sebab terdapat jawaban yang hampir mirip sehingga dapat mengecoh peserta ujian. Lalu bentuk soal lebih kearah persoalan akademik, sehingga bila kalian sudah terbiasa dengan teks-teks akademik maka itu akan membantu.

Sehingga kesimpulan mana yang lebih mudah, itu tergantung dari kenyamanan teman-teman dalam mengerjakan bentuk soal tertentu.

3. Universitas Yang Menerima

Dulu banyak orang yang mengira bahwa kedua tes ini hanya berlaku di negara-negara tertentu saja. Seperti tes IELTS hanya diterima untuk negara Commonwealth seperti UK, Australia dan New Zaeland sedangkan TOEFL hanya berlaku untuk universitas di Amerika Serikat saja. Stereotype ini terjadi karena kedua tes itu dikelola oleh organisasi yang berbasis di UK untuk IELTS dan USA untuk TOEFL.

Read more: pengalaman mendaftar S2 di universitas Swedia

toefl
Sudah banyak Universitas yang menerima kedua tes ini

Walaupun memiliki Stereotype seperti itu, namun jangan khawatir untuk saat ini universitas-universitas di dunia mulai menerima kedua tes ini. Namun masih terdapat beberapa universitas yang memprioritaskan salah satu bentuk tes kemampuan bahasa Inggris. Oleh karena itu sebelum mengikuti tes ini ada baiknya memperhatikan syarat universitasnya terlebih dahulu.

4. Biaya Test

Untuk biaya kedua tes bisa dibilang hampir sama. Berada dikisaran, untuk TOEFL sebesar 200 USD namun harga akan berbeda tergantung dari lokasi tes dan untuk IELTS sebesar 215 USD. Jadi harga dalam rupiah tergantung kurs yang berlaku saat itu.

5. Keuntungan Masing-Masing Tes

Range Score

Untuk range penilaian, kedua tes ini memiliki range yang berbeda. Untuk IELTS score yang diberikan antara 0-9 dimana 9 adalah nilai tertinggi. Sedangkan untuk TOEFL IBT score yang diberikan dikisaran 0-120 dengan 120 adalah nilai tertinggi.

Meminta tambahan sertifikat nilai akhir

Bisanya setelah tes anda akan mendapatkan sertifikat score akhir tes anda. Namun biasanya universitas meminta sertifikat asli dari hasil tes bahasa Inggris anda. Bagi anda yang mendaftar 2 universitas atau lebih dan ingin tetap menyimpan hasil sertifikat nilai anda maka anda membutuhkan tambahan sertifikat tersebut. Untungnya TOEFL dan IELTS memberikan jasa penambahan lembar sertifikat anda. Untuk IELTS biasanya anda hanya perlu membayar  biaya kurir pengiriman sertifikat ke universitas yang dituju. Sedangkan untuk TOEFL akan dikenakan biaya $20 untuk setiap penambahan setifikat nilai anda.

Lama menunggu hasil

Untuk TOEFL hasil akan keluar secara online selama 10 hari setelah tes, dan anda bisa mendownload PDF dari hasil akhir anda 3 hari setelah nilai online diumumkan. Untuk IELTS hasil akhir bisa diperoleh setelah 13 hari kerja, dimulai dari waktu tes.

Kesimpulan

Bila anda menyukai beragama tipe soal, suka menulis, tidak terlalu suka membaca teks akademik, paham beragam aksen bahasa Inggris, dan suka bicara langsung dengan orang one by one, maka anda cocok untuk mengambil tes IELTS.

Sedangkan bila anda suka dengan soal pilihan ganda, mahir dalam mengetik, nyaman berbicara dengan komputer, senang membaca teks akademik, dan menganggap aksen amerika itu mudah maka anda cocok dengan TOEFL.

(Visited 694 times, 1 visits today)

One thought on “5 Perbedaan Penting Tes TOEFL dan IELTS, Ambil Yang Mana?

  1. Pingback: Cara Mendaftar Master Program (S2) di Universitas Swedia | Techraveller

Leave a Reply