Review 2016: 5 Teknologi yang Booming Pada Tahun 2016

Tanpa kita sadari tahun 2016 akan segera berakhir. Tahun ini terasa lebih berwarna dengan beberapa kemajuan dibidang teknologi yang hadir untuk memudahkan kehidupan manusia. Untuk anda yang melewatkan perkembangan teknologi tersebut, maka techraveller akan membagikan artikel yang akan membahas perkembangan teknologi-teknologi baru yang telah mewarnai tahun 2016 mulai dari artificial intelligence, autonomous car hingga game augmented reality Pokemon Go.

Berikut review teknologi-teknologi terbaru selama tahun 2016:

  • SpaceX Reusable Rockets: Roket yang Bisa digunakan Berkali-Kali

SpaceX mendaratkan Roket diatas kapal

Untuk dapat mengantarkan muatan ke luar angkasa, Roket biasanya dirancang hanya untuk digunakan satu kali kemudian akan dibiarkan meledak diudara. Namun karena biaya pembuatan roket yang cukup mahal, mengapa roket tidak digunakan berulang-ulang saja tanpa perlu diledakkan?

Inilah yang menjadi pemikiran awal dari perusahaan SpaceX besutan Elon Musk. Dengan segala sumber daya manusia yang dimiliki, mereka mencoba mewujudkan salah satu tantangan engineering yang paling menantang di Dunia yaitu dengan membuat roket yang dapat mendarat kembali di Bumi. Percobaan pertama berhasil dilakukan pada desember 2015 dan tantangan sesungguhnya terjadi pada april 2016, dimana mereka harus dapat mendaratkan roket diatas sebuah kapal di tengah laut.

Dengan tim engineer yang handal, tim SpaceX berhasil mendaratkan roket tersebut dan mungkin saja ini menjadi awal mula era penerbangan murah ke luar angkasa dimasa depan.

  • Autonomous Car akan segera menjadi nyata

Autonomous car milik uber

Membayangkan kendaran mengantarkan anda tanpa perlu memegang kemudi mungkin hanya muncul dalam film fiksi belaka, Namun perkembangan autonomous car sebentar lagi akan kearah itu. Untuk tahun-tahun sebelumnya mungkin autonomous car hanyalah percobaan dalam skala laboratorium saja dan hanya menjadi angan-angan untuk penggunaan dalam skala besar.

Namun di tahun 2016, perusahaan sekelas Uber dan Tesla sudah berkomitmen serius untuk mengembangkan moda transoprtasi jenis baru ini. Pada september 2016 Uber sudah melakukan ujicoba autonomous car di kota Pittsburgh dan juga Tesla yang merupakan salah satu perusahaan mobil listrik terbesar didunia juga telah memasang beberapa hardware yang membuat mobil listrik mereka memiliki fitur autonomous.

Selain itu perusahaan otomotif raksasa seperti Ford juga ikut ambil bagian dengan mengumumkan proyek robo taxi yang akan mereka luncurkan pada tahun 2021. Dengan semua pemberitaan pada tahun 2016 ini menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan besar telah serius menggarap potensi dari autonomous car.

  • Booming Augmented Reality Game “Pokemon Go”

Game Pokemon Go yang sempat merubah gaya bermain game banyak orang

Kehadiran Pokemon Go menjadi angin segar untuk perkembangan game dunia. Hadir dengan konsep berbeda membuat seluruh pengguna smartphone berhasil terhipnotis dengan fitur-fitur yang disajikan. Pokemon Go sempat menjadi booming dan mengubah ritme aktivitas sosial dari para pemainnya. Hal yang membuat Pokemon Go terasa berbeda adalah teknologi Augmented Reality.

Walaupun bukan teknologi baru, Augmented reality masih terasa asing bagi sebagaian besar pengguna karena masih sedikitnya teknologi ini diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Dengan kesuksesan Pokemon Go yang telah rilis pada bulan juli 2016 dan telah berhasil didownload sebanyak 100 juta kali diseluruh dunia, maka kedepannya kita akan melihat aplikasi yang lebih banyak lagi dengan teknologi augmented reality.

  • Human Vs AlphaGo AI: Awal Kekalahan Manusia Terhadap Artificial Intelligence

Awal tanda kekalahan manusia terhadap AI?

Pertandingan yang berlangsung bulan maret 2016, menjadi tanda awal kekalahan manusia terhadap artificial intelligence (AI). Pertandingan antara AlphaGo menghadapi Lee Saedol yang merupakan pemain Go terbaik dunia berakhir dengan kekalahan Lee Saedol dengan skor 1-4.

Go merupakan permainan papan yang berasal dari china, dengan tingkat kerumitan dan langkah yang lebih banyak daripada catur. Kemenangan ini  menunjukkan satu langkah maju bagi perkembangan dunia kecerdasan buatan.

  • Solar Roof Tile, Mencoba Mengganti Solar Panel Konvensional

Mencoba mengubah industry PV konvensional

Memasang solar panel diatap rumah sudah menjadi trend dibeberapa negara, hal ini dilakukan untuk dapat menghemat biaya penggunaan listrik. Hanya saja pemasangan PV diatap rumah kadang dapat mengganggu keindahan rumah dan juga memakan biaya yang cukup mahal untuk membeli PV.

Oleh karena itu perusahaan bernama Solarcity yang bergerak dibidang pembangkitan listrik tenaga surya, memperkenalkan solar roof tile, yaitu atap rumah yang bekerja layaknya PV untuk dapat menghasilkan listrik sendiri. Dengan ide ini, maka pemilik rumah tidak perlu mengeluarkan biaya 2 kali untuk membeli atap dan juga PV.

Perusahaan yang baru saja diakuisisi oleh Tesla, berharap dengan ide yang diluncurkan pada bulan oktober 2016 ini dapat mengubah wajah renewable energy diseluruh dunia.

Anda mengetahui teknologi lain yang mungkin juga booming pada tahun 2016? silahkan beritahu di kolom komentar dibawah

(Visited 160 times, 1 visits today)

16 thoughts on “Review 2016: 5 Teknologi yang Booming Pada Tahun 2016

Leave a Reply