7 Kegiatan wajib yang dapat dilakukan saat mahasiswa

Aktivitas Mahasiswa

Salah satu momen dalam hidup yang cukup berkesan, bagi kebanyakan orang adalah ketika ia menjadi seorang mahasiswa. Menjadi mahasiswa berarti, hidup sebagai manusia yang bebas dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri tanpa perlu terkekang oleh kepentingan orang lain.

Dengan kebebasan sebesar ini, banyak yang terlena dan melupakan hal-hal berguna yang dapat ia lakukan selama menjadi mahasiswa.

Padahal banyak peluang-peluang yang hanya bisa kamu temui saat memiliki status mahasiswa, seperti bebas biaya pembuatan visa, masuk ke museum gratis, atau bahkan membuka rekening reksadana diluar tempat domisili.

Lebih dari itu masih banyak peluang lain yang dapat kamu raih demi memperkaya pengalaman hidup serta memperluas wawasanmu demi menyongsong masa depan yang lebih cerah.

Untuk artikel kali ini, kami mencoba merangkum kegiatan-kegiatan apa saja, yang sebaiknya diikuti oleh para mahasiswa, agar hari-harinya tidak terbuang sia-sia dan lebih bermanfaat

1. Saat mahasiswa banyak sekali lomba yang dapat kamu ikuti baik itu berskala Internasional maupun Nasional

Lomba Mahasiswa
Banyak lomba yang dapat kamu ikuti saat mahasiswa (source: cdn.kingston.ac.uk)

Coba pikirkan lomba-lomba yang pernah kamu ikuti selama hidup, lomba seperti makan kerupuk, lompat karung ataupun lomba makan kelereng pasti pernah anda ikuti.

Namun lomba-lomba tersebut, biasanya bisa diikuti walaupun bukan berstatus Mahasiswa. Padahal ada banyak lomba yang lebih unik daripada lomba makan kelereng saat kamu berstatus mahasiswa seperti Program kreativitas mahasiswa (PKM), Lomba desain kapal, Lomba robot atau bahkan lomba business plan.

Baca: Pengalaman mengikuti PKM

Selain itu mengikuti lomba, bisa memberikan banyak manfaat serta pengalaman baru kepada kehidupanmu. Pengalaman menarik seperti berlomba ke daerah lain, belajar cara mempresentasikan ide ke orang lain dan bertemu teman-teman baru yang memiliki passion serta ide yang sama denganmu dapat kamu dapatkan saat mengikuti lomba yang berjubel adanya saat mahasiswa.

2. Kembangkan bakat dan minat melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Unit Kegiatan Mahasiswa
Bakat dan minatmu dapat diasah dengan mengikuti UKM (source:p12.nysed.gov)

Banyak kampus yang memfasilitasi mahasiswanya dengan beragam unit kegiatan mahasiswa agar mahasiswa dapat mengembangkan minat serta bakat dalam dirinya diluar dari bidang akademik.

Bagi kalian yang saat ini sedang berkuliah, ada baiknya untuk menyempatkan diri dengan bergabung kedalam unit-unit kegiatan mahasiswa dikampus kalian.

Selain menambah pertemanan, pengalaman-pengalaman baru seperti memimpin sebuah tim, merancang acara atau bahkan mencoba hal-hal baru yang berkaitan dengan hobi, dapat kalian rasakan selama berkecimpung kedalam dunia kegiatan mahasiswa.

3. Dalami jurusanmu dengan bergabung kedalam Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)

Himpunan Mahasiswa Jurusan
Lakukan kegiatan bersama-sama dengan teman sejurusan,melalui kegiatan HMJ

Himpunan mahasiswa jurusan merupakan wadah yang mempertemukan mahasiswa dengan jurusan yang sama kedalam sebuah organisasi.

Dengan aktif pada kegiatan ini, diibaratkan seperti sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, sebab selain bisa memperdalam soft skill dengan berbagai kegiatan kepemipinan kalian juga bisa merancang kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan jurusanmu, seperti pameran karya, atau mengadakan seminar-seminar berskala Internasional.

Kegiatan-kegiatan ini dapat memperdalam pengetahuanmu mengenai jurusan yang kamu ambil dan mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru yang tidak ditulis didalam buku teks kuliah.

Kadang dengan pengalaman mengelola organisasi jurusan dapat juga dijadikan sebagai modal pengalaman untuk meniti karir setelah lulus nantinya.

4. Perluas jaringanmu dengan mengikuti kegiatan Volunteering

Volunteering Mahasiswa
Ikut kegiatan volunteering untuk memperluas jaringan pertemananmu (source:diplomaframe.com)

Saat ini kegiatan volunteering mulai terasa geliatnya dan jumlah kegiatan semakin hari semakin bertambah terutama untuk kalangan mahasiswa. Selain volunteering yang diadakan oleh organisasi ataupun yayasan seperti Indonesia mengajar.

Kementerian-kementerian dalam lingkup pemerintah pun juga mulai menggagas mengadakan kegiatan volunteering salah satu contohnya adalah patriot energi.

Baca: Website untuk mengikuti kegiatan volunteering

Selain mejadi relawan didalam negeri, banyak juga kegiatan-kegiatan relawan berskala Internasional yang juga dapat diikuti mahasiswa terutama kegiatan dilingkup ASEAN, organisai seperti YSEALI sangat sering membuka peluang untuk melakukan volunteering dalam bidang lingkungan, disaster security ataupun food security.

Apalagi dengan berstatus mahasiswa, peluang untuk mengikuti kegiatan fully funded juga terbuka lebar.

5. Rasakan sensasi International Exposure melalui kegiatan Student Exchange

Student Exchange
Temui teman dari negara berbeda dengan mengikuti student exchange (source: unigocms)

Pada umumnya universitas tempatmu berkuliah biasanya sering menjalin kerjasama dengan pihak-pihak universitas luar negri untuk memperluas networking antar universitas. Biasanya kesepakatan yang tercapai diantara kedua universitas adalah kegiatan untuk melakukan pertukaran pelajar.

Banyak jenis pertukaran pelajar yang dapat dilakukan, berdasarkan rentang waktunya biasanya pertukaran pelajar dapat dilakukan dalam setahun,  6 bulan, 3 bulan, 1 bulan, 2 minggu atau bahkan 1 minggu.

Kegiatan yang dilakukan juga bermacam-macam, mulai dari berkuliah, melakukan research, seminar, field trip atau bahkan jalan-jalan.

Baca: Pengalaman Student Exhange ke Kyoto

Bila kalian mengambil exchange dengan rentang waktu 6 bulan atau 1 tahun, kalian juga berpeluang memindahkan SKS yang sudah diambil diluar negri untuk digunakan didalam negri.

Namun yang paling menarik adalah kesempatan mendapatkan perjalanan keluar negri secara gratis karena adanya kerja sama dengan universitas luar, selain itu biasanya fakultas juga menyediakan dana tersendiri untuk kegiatan mahasiswanya yang akan keluar negri, sehingga kalian dapat membuat proposal bantuan dana kepada fakultasmu.

Akan banyak manfaat yang dapat kamu rasakan dari program exchange ini terutama merasakan culture negara lain yang sangat berbeda dengan Indonesia yang dapat membuka pikiran pada hal-hal baru nantinya.

6. Menjadi mahasiswa adalah momen yang tepat untuk merintis karir Wirausahamu

Mahasiswa Wirausaha
rintis usahamu semenjak mahasiswa (source:insideenterprise.org)

Banyak pengusaha-pengusaha hebat lahir ketika masih menjadi mahasiswa sebut saja CEO bukalapak yang mulai metintis perusahaannya semenjak duduk dibangku kuliah, mengapa hal ini bisa terjadi?

Tanpa disadari oleh para mahasiswa, saat kuliah kesempatan untuk membuka usaha terbuka lebar. Selain jumlah teman yang cukup banyak ketika mahasiswa yang dapat dijadikan sasaran marketing produk, keterdesakan akan kebutuhan ketika menjadi mahasiswa juga belum cukup tinggi sehingga tekanan untuk mendapatkan laba juga tidak terlalu besar.

Kondisi ini dapat membantu sang mahasiswa untuk mengembangkan ide-ide bisnis baru yang kreatif dan berbeda dengan pasar.

Kemudian banyak juga program-program wirausaha yang ditujukan kepada mahasiswa seperti PKM dan Program mahasiswa wirausaha yang membantu memberikan modal kepada bisnis yang dijalankan oleh mahasiswa.

Kemudian dengan menjamurnya startup-startup saat ini, semakin banyak inkubator-inkubator yang terbentuk untuk membantu perusahan-perusahaan pemula dalam mengembangkan bisnis dan juga menghubungkan dengan para pemilik modal.

Momentum inilah yang sangat cocok bagi para mahasiswa, memulai wirausaha semenjak berkuliah

7. Mulailah membangun karirmu semenjak kuliah dengan mengikuti Internship

Internship mahasiswa
mulai lakukan internship semenjak kuliah (source: i2.wp.com)

Banyak kampus yang menjadikan kerja praktek sebagai mata kuliah wajib yang harus diambil. Namun bila kalian teliti, banyak sekali perusahaan-perusahaan bagus diluar sana yang secara khusus mengadakan program magang, sebut saja General electric ataupun microsoft.

Biasanya program internship yang memang khusus diselenggarakan oleh perusahaan dijamin tidak akan gabut dan banyak pelajaran yang akan didapatkan. Bila pekerjaanmu bagus mungkin saja kamu dapat dihire untuk bekerja diperusahaan tersebut setelah lulus.

Bila kalian memang berniat setelah lulus ingin melanjutkan jenjang karir dengan bekerja, maka internship bisa menjadi pintu awal untuk membangun CV dengan pengalaman kerja yang baik untuk menjadi pembeda dengan pelamar lain.

Baca: Website untuk mencari Internship bagi Mahasiswa

Bila diperhatikan momen yang tepat untuk melakukan internship adalah saat libur panjang semester dan ketika sedang melakukan penelitian tugas akhir karena beban mengikuti kuliah sudah tidak terlalu tinggi.

Kamu akan terlihat berbeda sebab Cvmu sudah memiliki pengalaman kerja apalagi bila Internshipmu dilakukan di perusahaan multinasional. Internship bisa menjadi momen yant tetap untuk kamu yang masih ragu ingin terjun kedunia kerja dan merasakan atmosfer sesungguhnya dari dunia kerja.

Jangan sia-siakan masa kuliahmu, sebab banyak kesempatan sekali seumur hidup yang dapat kamu  rasakan selama berkuliah. Jadikan kampus sebagai laboratorium kehidupanmu untuk mencoba berbagai hal baru, agar saat sudah lulus nanti kamu dapat dengan mantap menatap kehidupan yang sesungguhnya.

(Visited 2,339 times, 1 visits today)

7 thoughts on “7 Kegiatan wajib yang dapat dilakukan saat mahasiswa

  1. Alhamdulillah dari semua poin di atas, yang belum saya sempat manfaatkan hanya nomor 5. Tapi sudah terbayar juga dengan kegiatan pendampingan para mahasiswa asing yang ada di Jogja :’)

  2. Saya sangat suka tiap kali baca artikel dari situs ini. Sepak terjang dan dominansi mahasiswa sangat kental dan memang bagus untuk bacaan mahasiswa

  3. Salah satu kegiatan yang pernah saya ikuti yaitu bergabung ke dalam organasi, banyak banget pengalaman yang saya dapat dan berguna sampai saat ini.

Leave a Reply