7 Website Wajib Yang Harus dibuka Selama Menjadi Mahasiswa

mahasiswa berprestasi

Selama menjadi mahasiswa, pasti ada waktu-waktu lowong dimana kamu bingung ingin melakukan sesuatu. Entah itu waktu luang saat pergantian kelas ataupun hari kosong saat tidak ada kuliah. Biasanya momen-momen seperti ini dimanfaatkan oleh para mahasiswa dengan berselancar di dunia maya, namun banyak yang menyalahgunakannya dengan membuang waktu pada website yang kurang produktif. Padahal banyak website yang bisa yang kamu buka selama menjadi mahasiswa untuk menjadi mahasiswa berprestasi

Menjadi mahasiswa tidak harus melulu mengenai belajar didalam kelas. Banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan skill-skill sosial maupun teknikal yang tidak diajarkan didalam kelas. Mengikuti kegiatan seperti lomba, intern ataupun voluntering juga dapat meningkatkan nilai jualmu setelah lulus nantinya, dan menjadi nilai pembeda dimata orang lain apapun karir yang ingin kamu tempuh.

Salah satu cara untuk mendapatkan informasi kegiatan semacam ini adalah melalui internet. Sudah banyak website yang menjelaskan dan menginformasikan mengenai aktivias-aktivitas peningkat softskills yang dapat kamu ikuti selama menjadi mahasisawa. Beberapa website itu seperti:

1. Youthop.com

youthop.com
Tampilan Youthop.com

Salah satu website yang informasi kemahasiswaanya sangat lengkap, mulai dari peluang conference, kompetisi, pertukaran pelajar, internships bahkan beasiswa berskala internasional berkumpul jadi satu diwebsite ini. Buat kamu mahasiswa yang haus akan prestasi dapat mencoba mengunjungi website ini.

2. studentcompetitions.com

studentcompetitions.com
Tampilan studentcompetitions.com

Website ini menurut saya yang paling lengkap dalam menginformasikan mengenai lomba-lomba berskala internasional untuk berbagai bidang. Berbagai macam lomba dari seluruh dunia dapat kalian pilih sesuka hati untuk diikuti.

studentcompetitions.com
Pilihan lomba pada studentcompetitions.com

Bahkan saking banyaknya, saya menyarankan untuk mensuscribe website ini dan memilih lomba jenis apa yang ingin kita ikuti sebab saking banyaknya pilihan lomba yang dapat diikuti, kadang lebih nyaman apabila kita langsung dikirimkan saran-saran lomba yang dapat kita ikuti melalui email.

3. sqore.com

Sqore.com
Tampilan awal Sqore.com

Situs yang berbasis di Swedia ini, menyediakan berbagai pilihan lomba, beasiswa maupun pekerjaan buat kamu yang membutuhkannya. Walaupun beberapa peluang masih banyak yang berfokus di Eropa, namun tidak ada salahnya untuk mencoba, siapa tau anda beruntung dan mendapatkannya. Untuk tampilan websitenya sendiri, website ini yang tampilannya paling simpel dan tidak terlalu memusingkan dengan tidak terlalu banyak memberi informasi tidak penting pada awalnya.

Lalu bila anda tertarik untuk mencoba peluang disini, biasanya seleksi awalnya akan dilangsungkan di Website ini juga, seperti menjawab beberapa pertanyaan dan membuat Essay. Dengan cara ini anda dapat langsung tahu bagaimana hasil anda dan dapat dibandingkan dengan pesaing lain sehingga tidak terlalu banyak memakan waktu.

Selain itu Website ini juga menyediakan, semacam course untuk kalian yang teratarik untuk meningkatkan softskill, seperti skill matematika, bahasa inggris dan masih banyak lagi. Oleh karena itu buat kalian yang tertarik bisa mencoba langsung mengunjungi Sqore.com, apalagi semua yang disediakan disini gratis.

4. Website Career Centre

Biasanya website ini ramai dikunjungi oleh mahasiswa tingkat akhir atau yang sudah lulus, padahal banyak peluang yang bisa diambil buat para mahasiswa yang waktu lulusnya masih lama. Peluang-peluang internship juga sering terpampang dengan rapih diwebsite-website career centre setiap kampus.

Walaupun tidak terlalu banyak bila dibandingkan dengan lowongan pekerjaan tetap, tapi setidaknya bisa untuk dicoba. Kenapa layak dicoba? Sebab rata-rata peluang internship yang ditawarkan oleh perusahaan melalui situs pencari kerja setiap kampus merupakan program yang sudah dirancang dengan baik oleh perusahaan tersebut sehingga hal-hal yang berbau gabut ataupun membuat kopi dapat terhindar.

Selain itu, beberapa carrer centre sekarang ini juga mulai menyisipkan beberapa pelatihan yang dapat mempersiapkan diri kamu untuk menghadapi dunia kerja nantinya seperti pelatihan pembuatan CV yang baik dan benar, Pelatihan wawancara kerja bahkan pelatihan wirausaha.

Buat yang tertarik, coba buka website career centre kampus kamu, atau apabila kalian sangat niat bisa coba melihat career centre kampus lain. Siapa tahu ada info yang tidak kamu temukan di career centre kampusmu. Beberapa contoh career centre yang dapat kamu kunjungi seperti

5. Website International Office

Website ini rata-rata baru diketahui oleh mahasiswa sekitar periode tingkat 3 ataupun tingkat 4 pekuliahan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Jawabannya simpel, karena mahasiswa tingkat akhir akan berusaha sekuat tenaga untuk mempercantik CV mereka agar terlihat menarik saat melamar kerja nantinya. Salah satu cara untuk membuat Cvmu terlihat sexy adalah dengan memiliki pengalaman Internasional.

Kalo boleh jujur, penulis juga mengalami hal serupa. Awalnya saya mengira international office hanyalah kantor untuk menampung mahasiswa internasional yang datang berkuliah ke Indonesia. Selain itu lokasi dari kantor ini pun selama 2 tahun saya berkuliah, sayapun tidak tahu lokasinya berada entah dimana (Baru sadar ternyata berada didepan tempat parkir, tempat dimana setiap hari saya selalu memarkir motor)

Buat kalian yang ingin berburu kesempatan keluar negri, inilah salah satu tempat yang paling lengkap dalam menawarkan peluang-peluang internasional dengan jumlah pesaing kecil (skala kampus) dan bonus plus-plus yang sangat banyak (biaya gratis dan ditanggung penyelenggara).

Biasanya kampus-kampus luar negri, akan selalu mengirimkan informasinya ke kantor ini. Bersyukurlah bila international office kalian sangat aktif memposting peluang internasional melalui websitenya, bila tidak cobalah rajin-rajin mengunjungi kantor ini. Percayalah walaupun tidak mendapatkan informasi kalian bisa juga cuci mata dengan melihat mahasiswa asing lalu lalang dikantor ini.

(Salah satu kegiatan internasional yang berhasil saya dapatkan melalui website IRO ITB adalah ini : Winter study di Kyoto University)

Coba kunjungi website international office kampusmu, berikut beberapa contoh international office beberapa kampus yang dapat kalian kunjungi, siapa tahu ada informasi yang tidak tertera diwebsite kampusmu yang bisa kamu apply

6. studentjob.co.id atau kampusupdate.com

studentjob.co.id
Tampilan awal studentjob.co.id

Saya baru tahu website ini setelah lulus hehehe. Tapi bila diperhatikan, kebanyakan informasi yang diberikan mengenai peluang magang bagi mahasiswa. Bagi saya, salah satu syarat dari sebuah website dapat dikatakan baik dan informatif adalah apabila website tersebut selalu update dan memuat informasi secara lengkap. Dan studentjob memenuhi syarat tersebut

Selain itu peluang magang yang disediakan juga terhitung banyak dan beragam seperti menjadi business development assitant, marketing intern hingga mandarin typist intern. Buat rekan-rekan yang sedang mencari tambahan ataupun ingin mencari pengalaman kerja selama kuliah bisa mencoba website ini.

kampusupdate.com
Tampilan awal kampusupdate.com

Terdapat juga website serupa seperti kampusupdate.com, website ini juga memberikan informasi magang buat para mahasiswa dengan cukup lengkap dan informatif. Mungkin tambahan fitur yang menjadi pembeda yaitu disediakannya fitur Kublog, fitur ini berbentuk artikel pengalaman para mahasiswa yang sudah menjalankan magang diberbagai tempat. Fitur ini bagus untuk yang ingin mendapatkan gambaran suasana magang dikantor yang diceritakan.

7. www.lomba.or.id

lomba.or.id
Tampilan Lomba.or.id

Untuk yang malas mengikuti lomba berskala internasional, mungkin bisa mencoba skala level nasional terlebih dahulu. Informasi ini dengan mudah dapat ditemukan melalui lomba.or.id, sebenarnya banyak website yang memuat berbagai macam lomba di Indonesia, hanya saja saya memilih website ini karena dari segi tampilan terlihat rapih dan tidak terlalu mengintimidasi dengan tidak memberikan banyak informasi secara masif kepada pembaca.

Kenapa hal ini penting? Sebab apabila informasi yang diberikan terlalu banyak, para pembaca akan merasa terintimidasi dan melewatkan banyak kesempatan bagus karena membaca secara skimming secara berlebihan.

(Visited 1,076 times, 1 visits today)

16 thoughts on “7 Website Wajib Yang Harus dibuka Selama Menjadi Mahasiswa

Leave a Reply