Barcelona, 3 Days Itinerary

Kami menghabiskan waktu di Barcelona kurang lebih selama 3 hari 2 Malam. Karena Barcelona terhitung cukup luas, dan tiap site berjarak cukup jauh, akhirnya kami pun membeli barcelona pass atau hola BCN yang langsung kami beli di Bandara seharga 19.80 Euro untuk penggunaan selama 3 hari (Info Hola BCN). Menurut saya harga ini terhitung ekonomis sebab harga sekali perjalanan menggunakan moda transportasi apapun di Barcelona seharga 2.20 Euro, jadi kita dapat berpergian secara bebas bila menggunakan tiket Hola BCN ini.

Akomodasi kami selama di Barcelona terletak di Plaza de Espana, jangan heran bila tiap kota di Spanyol anda akan selalu menemukan tempat bernama Plaza de Espana ini. Plaza di Barcelona ini terlihat cukup ramai dan megah, karena bila kita ingin melanjutlan perjalanan menuju Montserrat bisa dilakukan dari sini dan juga bila ingin menuju montjuic bisa menunggu bis di daerah ini. View yang ditawarkan oleh plaza Espana Barcelona juga cukup menarik terdapat 2 tower yang cukup besar mengarah ke arah montjuic dimana tepat di tengah-tengahnya terdapat bangunan megah bergaya khas eropa.

Hari 1

Jewish quarter, Barcelona cathedral

Berkeliling Barcelona dimulai dari Placa de Catalunya
Tampak Depan Barcelona Cathedral

Setelah menaruh tas, kami langsung melanjutkan perjalanan ke wilayah la rambla, salah satu pedestrian walk yang terkenal di Barcelona karena menawarkan berbagai macam souvenir dan street artist diwilayah ini, disekitar La Rambla juga terdapat Jewsih quarter dan juga Barcelona Cathedral. Wilayah ini kaya akan sejarah sebab selain bangunan-bangunan diatas terdapat juga bagunan lain bekas peninggalan romawi sehingga sangat layak untuk menghabiskan waktu dengan berjalan kaki di wilayah ini demi merasakan sejarah Barcelona secara langsung

Park Güell

Keramik-Keramik Yang Jadi Ornamen Khas Dari Park Guell
Lorong Paling Photogenic
View dari Mirador de Joan Sales patut untuk dicoba

Setelah puas berkeliling di wilayah la rambla, kami memutuskan melanjutkan perjalanan meuju Park Güell untuk melihat salah satu karya Gaudi serta menikmati Barcelona dari ketinggian di sore hari. Tiba disini terdapat 2 opsi untuk membeli tiket atau tidak, bila anda tidak terlalu tertarik melihat karya arsitektur dari Gaudi maka bisa langsung skip membeli tiket dan berjalan menuju area panorama view Park Güell. Saat tiba diarea dimana anda bila melihat kota Barcelona seutuhnya, sebenarnya masih ada lagi tempat untuk melihat Barcelona dari tempat yang lebih tinggi. Di belakang Park Güell sebenarnya terdapat aebuah bukit yang bisa kita dalo bernama mirador de Joan Sales, mirador sendiri berarti tempat dimana kita bisa mendapatkan panoramic view dari suatu area. Kalo kalian tertarik untuk melihat view-view seperti ini coba kunjungi mirador mirador lainnya.Kalian akan sering menemukan mirador-mirador lain selama di Spanyol. Namun untuk memcapai puncak bukit ini amatlah terjal karena tidak adanya jalan setapak menuju puncak sehingga kita wajib mencari jalur sendiri. Namun ketika sampai dipuncak pemandangan yang ditawarkan sangatlah istimewa, karena kita bisa melihat Barcelona dengan view 360 derajat.

Hari 2

Sagrada Familia

Sagrada Familia Masih Dalam Tahap Pembangunan
Interior Dalam Gereja Yang Selalu Memukau Pengunjung
Warna-Warna Yang Menambah Keindahan Gereja

Gereja yang pembangunannya sudah menghabiskan waktu berpuluh-puluh tahun ini dan belum selesai hingga kini bisa dibilang salah satu masterpieces dari Gaudi. Untuk memasuki Gereja ini anda dapat membayar seharga 13 Euro untuk student dan 15 Euro untuk umum namun bila anda ingin dapat naik hingga tower sagrada familia dan mendapatkan akses ke perlengkapan audio guides, harga tiket masuk menjadi 29 euro untuk umum dan 27 euro untuk student.

Yang menjadi alasan mengapa pembangunan gereja ini bisa begitu lama karena untuk membangun gereja ini dana yang digunakan merupakan hasil dari sumbangan masyarakat dan juga biaya yang didapatkan dari menjual pernak pernik serta tiket masuk ke situs ini. Inilah yang menjadi semangat dari pembangunan dari Sagrada Familia yang menjadi bangunan milik semua orang. Menurut saya secara pribadi gereja ini merupakan gereja terbagus secara arsitektur karena banyak sekali keajaiban arsitektur yang telah dilakukan salah satu contohnya adalah langit-langit dari gereja ini, kemudian cahaya didalam gedung yang dapat berubah warna serta berbagai ornamen-ornamen yang menceritakan berbagai peristiwa didalam alkitab.

Dari sini saya dapat memahami mengapa pembangunan situs ini dapat berjalan sangat lama, walaupun saat perencanaan gereja ini, sang pencetus ide yaitu Gaudi meninggal karena kecelakaan namun ide-idenya dapat dikembangkan dan diimplementasikan dengan saat baik menggunakan teknologi saat ini. Dari bangunan ini kita dapat melihat bahwa Gaudi adalah salah satu masetro yang dengan keterbatasan teknologi di zaman itu tidak menghalanginya untuk merancang sesuatu yang cukup megah untuk ukuran saat ini.

Barcelonetta Beach

Barcelonetta
Pantai Kebanggaan Masyarakat Barcelona

Untuk lunch kami memutuskan untuk menuju Bacelonetta beach, sepanjang jalan menuju Barcelonetta beach terdapat berbagai macam jenis restaurant, namun entah mengapa kami memilih makan di restaurant Italy dan yang memasak juga orang Italy padahal kami sedang berada di Spanyol. Tapi tenang saja, kami juga sudah mencicipi paella yang merupakan salah satu makanan khas. Tiba di pantai ini, udara disekitaran pantai cukup dingin tidak ada yang berenang di Pantai namun banyak orang menghabiskan waktu sore hari dengan duduk dan bermain disekitaran pantai. Tempat ini cocok untuk bersantai di sore hari.

Montjuic

View Kota Barcelona Dari Atas Montjuic
Montjuic Saat Senja
Montjuic Menunjukkan Warnanya

Beruntung kami mengunjungi Montjuic pada hari minggu setelah jam 3 sore, sebab pada saat itu tiket untuk memasuki kawasan ini adalah gratis. Montjuic terletak diatas sebuah bukit berada disebelah timur Barcelona. Berada disebelah timur membuat lokasi dari benteng pertahanan ini cukup strategis dimana kita bisa melihat secara langsung kota Barcelona dari ketinggian dan melihat kearah laut mediterania. Kami sampai disini saat sore hari sehingga warna tembok dari kastil ini yang berwarna orange tampak lebih berwarna karena terkena sinar matahari sore hari. Sangatlah tepat bila anda ingin menghabiskan waktu sore hari disini, namun bersiap-siaplah saat mendekati jam tutup benteng, karena bus akan penuh sesak di penuhi penumpang yang ingin kembali ke Plaza de Espana.

Menonton Barcelona Vs Deportivo

Menonton Pertandingan Sepak Bola Level Eropa Memang Beda

Sebagai salah satu penggemar olahraga sepak bola, kurang afdol rasanya bila tidak menonton pertandingan Barcelona, terlebih klub bola yang satu ini terkenal dengan salah satu pemain terbaik di dunia yaitu Messi dan sepak bola menghibur yang mereka suguhkan. Dengan biaya sekitar 50 Euro kami berkesempatan untuk duduk dekat dengan daerah sepak pojok. Banyak turis dari negara lain datang kemari untuk menyaksikan pertandingan ini, dan Barcelona pun menang dengan skor akhir 4-0. Suasana selama pertandingan cukup mengasyikan karena banyaknya serangan yang dilakukan oleh Barcelona, sehingga selalu ada waktu untuk berteriak selama pertandingan. Lumayan jadi ajang pelepas stress dengan berteriak.

Hari 3

Montserrat

Perhentian Pertama Montserrat Monastery
Montserrat Monastery Dari Kejauhan
Tempat Perhentian Pertama Selama Hiking

Untuk hari ini, kami dedikasikan penuh untuk mengunjungi montserrat, bila anda memiliki hobi hiking tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi. Panorama Bukit-bukit berbatu jadi pemandangan khas yang dapat dinikmati selama berada disini. Untuk mengunjungi tempat ini, kalian wajib untuk membayar 22 Euro untuk tiba disini, biaya ini mencakup biaya kereta dan cable car bolak balik. (https://www.barcelona-tourist-guide.com/en/tour/barcelona-montserrat.html) Tiket dapat dibeli dengan datang ke daerah plaza de espana dan cari kereta Line R5 (https://www.montserrat-tourist-guide.com/en/transport/barcelona-to-montserrat-train.html) Rencanakanlah perjalanan anda dengan baik agar tidak ketinggalan kereta saat pergi maupun pulang.

Pemberhentian pertama adalah area monastery, disini kalian dapat memutuskan ingin mengunjungi objek apa saja, dapatkan penjelasan lengkap dan cara mengunjungi daerah tersebut dengan mengunjungi information center. Kami memutuskan untuk mengunjugi sebuah daerah hermitage yang digunakan oleh para biarawan untuk menyendiri mempelajari alkitab, sayangnya pada saat kami mengunjungi daerah ini fasilitas funicular sedang direnovasi sehingga kami terpaksa melakukan hiking tanpa mepersiapkan sarana prasaran hiking yang memadai. Kira-kira kami menghabiskan waktu kurang lebih 3-4 jam untuk sampai ketempat tujuan dan kembali lagi padahal dengan funicular dapat ditempuh dalam waktu 15 menit, itulah mengapa banyak tempat yang tidak dapat kami kunjungi selama berada disini.

Namun bila kalian pencinta hiking, menghabiskan waktu dengan berjalan akan sangat menyenangkan karena disuguhkan keindahan alam yang menakjubkan

Medan Hiking Yang dilalui
Bangunan yang digunakan Biarawan Zaman Dulu Untuk Merenung
Contour Bebatuan Yang Jadi Pemandangan Andalan Montserrat
Tujuan Akhir Tempat Pertapaan Para Biarawan Yang Saya Lupa Namanya

(Visited 38 times, 1 visits today)