Kuasai Cara Belajar Cepat dengan Feynman Technique

Hidup adalah sebuah proses pembelajaran, itulah pepatah yang seringkali kita gunakan untuk menyemangati diri  agar selalu bersemangat menuntut ilmu seumur hidup.

Hanya saja bagi sebagian besar orang, belajar adalah suatu hal yang membosankan dan melelahkan dikarenakan metode yang digunakan kurang tepat, seperti kebiasaan menghafal yang selalu lazim digunakan untuk menyerap suatu ilmu.

Selain itu saat melakukan proses belajar, biasanya kita lupa akan materi mana saja yang sudah kita kuasai atau mana yang belum belum dikuasai, hal ini membuat orang-orang harus kembali membaca bukunya untuk menemukan kembali bagian yang belum dipahami.

Dan proses ini sangat memakan waktu.

Untuk kalian yang sedang mencari gaya belajar baru, mungkin dapat mengunakan teknik belajar ala Richard Feynman yang bernama Feynman Technique.

Richard Feynman adalah salah satu ilmuwan fisika teoritik asal Amerika Serikat yang berhasil meraih nobel dalam bidang fisika pada tahun 1965 untuk kontribusinya dalam bidang quantum electrodynamics.

Richard Feynman juga terlibat dalam berbagai proyek besar Amerika Serikat seperti Manhatan Project (Proyek bom atom AS) dan Rogers Commission (Tim yang menginvestigasi kecelakan space shuttle challenger)

Kemampuannya untuk dapat memahami berbagai macam bidang ilmu disebabkan metode belajar yang selalu ia percayai, yaitu mengulang kembali pelajaran yang ingin kita kuasai dengan menjelaskan mengunakan bahasa yang lebih sederhana, seolah-olah kita mengajarkan ilmu ini untuk anak kecil.

Mungkin karena teknik ini, bahkan Bill gates pun mengakui bahwa Richard Feynman adalah guru terbaik yang tidak pernah dia dapatkan

Jadi bagaimana cara kerja metode belajar Feynman ini?

  1. Pilih topik baru yang ingin dipelajari dan dikuasai, kemudian coba baca dan pahami materi tersebut dengan baik
  2. Saat sudah mengerti, coba tulis kembali materi tersebut kesebuah kertas, bila perlu menulis sambil menjelaskan materi tersebut seolah-olah kita sedang mengajar didepan kelas kepada orang yang tidak mengetahui ilmu ini.
  3. Teknik nomor 2 ini dapat disebut dengan crosscheck, jadi kalian akan mengetahui bagian-bagian mana yang masih belum dikuasai dan tidak perlu membaca semua materi dari awal kembali
  4. Untuk bagian yang belum dikuasai ulangi kembali seperti langkah 1,2 dan 3, lakukan hingga semua materi runtut sudah dipahami dari awal hingga akhir
  5. Bila keempat langkah tersebut sudah beres, coba jelaskan kembali materi-materi tersebut namun dengan bahasa yang lebih sederhana dan mudah dipahami bila perlu gunakan grafik untuk mempermudah penjelasan.
  6. Metode 5 ini lebih seperti ujian atas pemahaman akan materi yang sudah dipelajari, bila masih sulit menjelaskan dengan bahasa yang sederhana berarti materi tersebut belum benar-benar dikuasai, coba ulangi dari langkah 1 untuk memahami kembali materi tersebut.
  7. Dengan mengembangkan sendiri penjelasan materi tersebut, maka ilmu yang kita pelajari ini akan bertahan lebih lama dalam ingatan bila dibandingkan dengan teknik menghafal.

Metode belajar feynman ini sangat cocok untuk anda yang belum menemukan metode belajar yang tepat dan mungkin beberapa saat lagi akan menghadapi ujian disekolah, tidak ada salahnya mencoba metode ini.

(Visited 1,479 times, 1 visits today)

5 thoughts on “Kuasai Cara Belajar Cepat dengan Feynman Technique

  1. saya setuju dengan Anda, belajar memahami lebih baik daripada menghafal. Tentunya kalau sudah paham betul pasti materi tersebut akan lengket terus di otak kita, Insya Allah.

Leave a Reply