Cara Mendaftar Master Program (S2) di Universitas Swedia

Setelah sebelumnya saya membuat artikel mengenai tips untuk tes IELTS (Read more: 4 tips menghadai tes IELTS tanpa les), kali ini saya mencoba menulis kembali pengalaman  saya saat mendaftar Master program di Universitas Swedia.

Tidak pernah terlintas dalam pikiran saya, untuk melanjutkan studi master ke Swedia. Mendengar kata Swedia saja mungkin yang terpikirkan hanya IKEA dan Zlatan Ibrahimovic. Namun, entah bagaimana akhirnya saya pun dengan mantap melanjutkan Studi master saya di Negeri Viking Swedia.

Swedia
Salah stau universitas di Swedia KTH Royal Institute of Technology (Sumber: kth.se)

Awal saya mengetahui universitas-universitas di Swedia, bermula dari info session dan pameran yang diadakan oleh pihak kampus Swedia sejak saya duduk di tahun ketiga perkuliahan. Bila ditotal mungkin sudah 4 kali pihak dari Universitas Swedia hadir langsung ke Institut Teknologi Bandung dari saya tingkat 3 sampai lulus. Dari situlah saya mengerti mengenai Universitas-Universitas di Swedia, beasiswa penunjang untuk master dari Swedia, budaya dan alasan-alasan untuk melanjutkan studi disana.

Swedia
Melanjutkan studi ke Swedia, bisa menjadi pilihan (Sumber: civisproject.eu)

Mungkin dari semua info session yang saya hadiri, Swedialah yang paling niat dalam menjalankan info session ini, pihak-pihak dari beberapa Universitas Swedia, datang langsung untuk memberikan informasi mengenai kampusnya, dari 4 kali visit, kira-kira 2 kali pihak universitas yang mayoritas adalah bule-bule Swedia datang langsung mengunjungi kampus saya. Oleh karena itu Swedia, langsung saya masukkan kedalam wishlist universitas tujuan untuk melanjutkan master selain Jepang dan USA (Akan diceritakan mengapa pada akhirnya saya nyantol di Swedia). Bahkan saya sempat menghadiri info session yang diadakan oleh pihak Study in Sweden, yang menyediakan makanan ringan dan makanan berat sekaligus, luar biasa.

Bagi teman-teman yang sedang berburu S2, ada baiknya untuk menyempatkan waktu menghadiri info session universitas dari berbagai negara walaupun negara tersebut bukan tujuan kita, siapa tau ada beberapa informasi dari negara lain yang belum kita dapatkan tetapi cocok dengan preferensi studi yang kita harapkan dan malah nantinya menjadi jodoh untuk dapat melanjutkan studi dinegara tersebut (masa ingin studi keluar negeri dengan tujuan membuka wawasan, malah saat mencari informasinya kita malah menutup wawasan).

Cara mendaftar Universitas Swedia

Mendaftar pada universityadmission.se berbeda dengan mendaftar beasiswa Swedish Institute, Baik dokumen dan juga cara pendaftaran, untuk saat ini hanya akan dijelaskan mengenai cara mendaftar universitas, untuk beasiswa akan hadir pada artikel berikutnya.



Swedia
Perhatikan Tanggal-Tanggal penting, jangan sampai ketinggalan (Jadwal pada tahun 2017)

Swedia menjadi pilihan yang menarik sebab semua sistem pendaftaran universitas dilakukan dalam 1 portal website yaitu https://www.universityadmissions.se, jadi kita tidak perlu repot-repot berurusan dengan website universitas yang tiap informasinya pendaftaranya berbeda satu sama lain. Selain itu keunggulan sistem ini kita dapat mendaftar sebanyak maksimal 4 pilihan baik universitas maupun jurusan dengan harga 900 SEK atau 1,4 juta rupiah. Harga ini tergolong murah bila dibandingkan dengan negara lain yang biaya pendaftarannya bisa mencapai 3 juta rupiah untuk 1 pilihan universitas, bisa dibilang swedia 1 harga 4 pilihan.

Read more: 5 perbedaan tes TOEFL dan IELTS

Berikut tahap-tahap untuk melakukan pendaftaran universitas Swedia

1.Kunjungi universityadmission.se

Swedia
Tampilan awal Universityadmission, lakukan pendaftaraan akun dengan mengklik login

Kunjungi universityadmissions.se ,lalu buat akun dengan mengklik bagian log in.

2. Create account pada universityadmission

Swedia
Click Create account untuk membuat akun baru

Kemudian klik create account. Disitu terdapat pilihan “Do you have a Swedish personal ID number?, karena kita tidak memilikinya, dan baru bisa didapatkan apabila akan studi di Swedia lebih dari 1 tahun, maka kita memilih “No i don’t have”. Lalu anda wajib mengisi data diri anda untuk menyelesaikan pendaftaran.

Swedia
Pilih No I don’t have personnumber

Setelah selesai anda akan mendapatkan nomor pendaftaran, yang wajib anda ingat baik-baik sebab beberapa pengumuman akan menampilkan nomor ini dan buka nama anda. Selain itu nomor ini ada baiknya selalu anda lampirkan kedalam dokumen ataupun nama file yang akan anda upload ke university admission.

Swedia
Isi form sesuai dengan data diri anda

3. Login menggunakan email dan password yang sudah didaftarkan

Swedia
Tampilan mypages saat anda sudah selesai registrasi, pada halaman ini terdapat nomor pendaftaran anda

Kemudian coba kembali login menggunakan nama email yang sudah anda daftarkan dan juga password anda. Anda akan masuk kebagian mypages, Disini terdapat menu seperti application, dimana disitu anda akan memasukkan pilihan jurusan dan juga universitas, kemudian menu documents untuk mengupload berkas-berkas pendaftaran, serta application fee untuk membayar biaya pendaftaran sebesar 900 Sek.

4. Pilih 4 jurusan untuk studi master anda

Swedia
Pilih find course, lalu cari jurusan-jurusan yang ingin anda tempuh di Swedia melalui search bar

Untuk memasukkan pilihan anda klik “find a course”. Lalu anda dapat melihat universitas yang menyediakan program yang adan inginkan, perhatikan jumlah kredit yang ditawarkan serta waktu mulai studi, sesuaikan dengan preferensi yang anda butuhkan. Setelah itu klik add pada pilihan yang dinginkan, ingat anda hanya bisa memilih sebanyak 4 pilihan.

Swedia
Setelah selesai memilih, anda dapat mengganti urutan prioritas universitas anda melalui menu my application

Apabila sudah selesai memilih, maka anda tinggal mengklik button “to application” pada kotak menu “my application” disebelah kanan layar. Anda dapat kembali mengatur posisi pilihan jurusan anda, dan tempatkan jurusan yang paling diinginkan sebagai pilihan pertama.

5. Siapkan dokumen untuk pendaftaran

Swedia
Siapkan Dokumen Pendaftaran, upload dokumen sesuai tipenya

Bila anda sudah mantap dengan pilihan jurusan yang diinginkan, maka saatnya mengupload dokumen yang dibutuhkan. Disinilah kerja keras anda yang sesungguhnya dibutuhkan. Untuk dokume umum yang wajib dilampirkan seperti Ijazah S1 anda, bila Ijazah hanya berbahasa Indonesia saja sebaiknya di translate terlebih dahulu kedalam bahasa inggris oleh penerjemah tersumpah kemudian dilampirkan ijazah bahasa Indonesia dan bhasa inggris kedalam satu file. Lalu transkrip akhir dalam bahasa indonesia dan inggris, lampiran nilai IELTS (Read more: 4 tips menghadai tes IELTS tanpa les)  atau TOEFL IBT, perhatikan nilai yang dibutuhkan jurusan anda, lampiran passport terbaru.

Swedia
Upload Dokumen sesuai tipenya

Kemudian setiap jurusan memiliki dokumen tambahan seperti motivation letter, rekomendasi dari dosen atau manager pada perusahaan, CV (Sebaiknya gunakan format Europass agar bisa digunakan kembali saat mendaftar beasiswa Swedish Institute) dan syarat matakuliah. Untuk syarat matakuliah ini cukup penting, sebab terdapat beberapa jurusan yang mewajibkan anda untuk sudah mengambil beberapa matakuliah pada jenjang S1, dan bila anda tidak memenuhinya maka kesempatan anda untuk lolos program tersebut akan semakin mengecil.

Swedia
Perhatikan persyaratan khusus dari setiap jurusan.

Penulis sempat mengalami kejadian ini, saat itu saya sempat memilih jurusan yang mensyaratkan pernah mengambil 30 ECTS mata kuliah thermo dan dan control, karena sks saya untuk matakuliah tersebut tidak mencapai 30 ECTS, maka beberapa hari setelah pendaftaran ditutup, saya langsung mendapatkan bahwa pilihan saya pada jurusan tersebut adalah deleted atau dapat dibilang gagal. Jadi tolong sangat diperhatikan mengenai dokumen khusus yang diwajibkan oleh jurusan tertentu.

Swedia
Setiap jurusan memiliki persyaratan yang berbeda, dan sering persyaratan ini sangat menentukan kelulusan anda (Contoh: Syarat untuk Jurusan Interactive Media di KTH)
Swedia
Setiap jurusan memiliki persyaratan berbeda (Contoh: Syarat untuk Jurusan Systems, Control and Robotics di KTH)

Anda juga wajib memperhatikan penamaan serta tipe dokumen yang akan anda upload. Untuk penamaan sebaiknya, anda membuat satu format baku untuk semua file yang akan anda upload seperti contoh “nama dokumen_nama pendaftar_nomor pendaftaran”. Saat anda sudah mengupload dokumen, maka dokumen sudah tidak dapat diubah-ubah lagi sehingga anda harus sangat berhati-hati sebab dokumen dapat dilihat oleh pihak-pihak universitas lainnya yang bukan pulihan pertama anda.

Swedia
Contoh beberapa dokumen yang diupload

6. Bayar biaya pendaftaran

Swedia
Klik menu application fee untuk membayar uang pendaftaran

Untuk memuluskan pendaftaran anda, jangan lupa untuk melakukan pembayaran melalui menu application fee sebab apabila anda tidak membayar maka pendaftaran yang anda lakukan dianggap tidak valid. Anda tinggal memasukkan nomor kartu kredit anda dihalaman tersebut, maka secara otomatis anda telah resmi membayar pendaftaran.

Sangat disarankan untuk menyelesaikan pembayaran menggunakan kartu kredit daripada transfer melalui teller, sebab pembayaran menggunakan kartu kredit dapat diproses dalam hitungan menit sedangkan pembayaran melalui teller dapat memakan waktu berhari-hari untuk segera divalidasi.

Pembayaran menggunakan kartu kredit dapat dilakukan menggunakan kartu kredit orang lain dan tidak harus atas nama anda sendiri. Apabila anda sudah selesai melakukan pembayaran, maka dokumen-dokumen anda akan langsung diproses untuk diseleksi.

7. Saatnya pengumuman

Pengumuman diterima universitas

Saat pengumuman anda akan melihat tiga status berbeda, seperti deleted berarti anda tidak diterima dijurusan tersebut. Lalu waiting list, disini anda harus menunggu apabila ada pendaftar yang sudah diterima namun melepas jurusan tersebut, anda harus sangat memperhatikan pada nomor waiting list anda untuk mengukur kesempatan anda akan diterima. Dan terakahir adalah conditionally admitted, dimana berarti and sudah diterima jurusan tersebut namun diwajibkan untuk membayar biaya perkuliahan untuk dapat diterima seutuhnya dijurusan tersebut.

Untuk biaya terdapat beberapa pilihan seperti LPDP, Swedish Institute Student Scholarship (SISS) atau beasiswa dari Innoenergy, yang mungkin akan diulas pada artikel berikutnya.

 

(Visited 211 times, 1 visits today)

One thought on “Cara Mendaftar Master Program (S2) di Universitas Swedia

  1. Pingback: 4 Tips Menghadapi Tes IELTS Tanpa Les | Techraveller

Leave a Reply