Mengirim paket ke luar negri

Mengirim paket sekarang ini,sudah tidak semenakutkan dulu. Dulu orang-orang akan harap-harap cemas saat mengirim paket via pos, apakah paket mereka sampai ketujuan atsu tidak. tetapi semenjak internet menjadi gaya hidup, sistem pengiriman paket pun ikut berkembang. Saat ini sistem pengiriman paket sudah terdapat sistem tracking paket, sehingga si pengirim dan penerima dapat tau dimana posisi paketnya berada. hal ini sangat berdampak pada kepercayaan masyarakat pada pengiriman paket yang semakin hari semakin tinggi.

Tracking paket menggunakan EMS Indonesia
Tracking paket menggunakan EMS Indonesia

Minggu lalu menjadi minggu pengiriman dan penerimaan paket yang cukup intens buat saya. terdapat 3 buat paket 2 diantaranya saya sebagai pengirim dan sisanya sebagai penerima. 2 paket ini saya kirimkan menggunakan 2 jasa pengiriman yang berbeda yaitu via ems pos indonesia dan dhl, keduanya dikirimkan menuju jepang kemudian sisanya merupakan paket yang dikirimkan oleh Periplus menggunakan jasa pengiriman Tiki. Untuk sistem tracking menurut saya keduanya sudah cukup baik, hanya saja dhl mungkin lebih unggul karena berani mengestimasi kapan sampainya paket ke tujuan namun dari segi biaya lebih murah ems pos indonesia. Untuk kedua jasa pengiriman dhl dan ems, memakan waktu kira-kira 3 sampai 5 hari untuk sampai ke jepang dari Bandung. Untuk dapat mengirim paket ke luar negri, sudah tidak ada mekanisme yang aneh atau ribet, hanya butuh alamat yang lengkap dan jelas kemana tujuan pengiriman, maka paket kita dapat dikirim dan didapat dilacak posisi paket ini nantinya.

Tracking paket menggunakan DHL, ada estimasi paket sampai ketujuan
Tracking paket menggunakan DHL, ada estimasi paket sampai ketujuan

Kalo saya lihat sistem tracking yang digunakan kedua perusahaan ini hampir sama yaitu tiap paket akan diberikan nomor unik yang hanya dimiliki oleh paket tersebut baik berupa qr code atau bar code. kemudian ketika sampai disuatu negara atau kepusat sorting masing-masing perusahaan.  Biasanya sorting dapat dilakukan otomatis atau secara manual, biasanya cepat atau lambatnya paket sampai ketujuan adalah dari mekanisme mana yang digunakan oleh perusahaan. jadi setiap sampai kepusat sortir, maka paket akan discan dan pada saat itulah sang pengirim dapat mengetahui dimana posisi paketnya saat ini.

Dengan adanya sistem tracking ini, banyak sekali pihak yang diuntungkan salah satunya yaitu pembeli dan penjual online, pembeli semakin percaya untuk belanja online sedangkan penjual semakin untung karena yang beli semakin banyak. Dan itu saya rasakan manfaatnya ketika membeli buku impor diperiplus, dari saat pengepakan buku hingga sampai ketangan pembeli buku dapat ditrack dan dilacak posisinya. buku impor pun sudah bukan menjadi barang langkah di era internet ini wow.

(Visited 243 times, 2 visits today)

Leave a Reply