Mengunjungi Tallinn, Estonia, Kota Tua di Laut Baltik

Tallinn

Salah satu cara termurah untuk bisa mengunjungi negara di sekitaran laut Baltik adalah dengan menggunakan jasa cruise. Terdapat beberapa operator yang menyediakan jasa cruise salah satunya adalah tallinksilija (www.tallinksilja.com). Untuk kali ini saya menggunakan operator cruise ini untuk mengunjungi Tallinn. Biasanya untuk mendapatkan tiket dengan harga ya murah terdapat beberapa trik yang dapat dilakukan seperti membeli tiket pulang pergi dan juga membeli tiket dalam bentuk grup yang terdiri atas 4 orang, sebab biasanya 1 cabin di cruise mampu menampung sebanyak 4 orang, dan harga yang ditawarkan oleh operator biasanya harga perkabin.

Harga termurah yang sempat saya temui sekitar € 58 perkabin, sehingga bila dibagi 4, harga tiket pulang pergi Stockholm-Tallinn sekitar € 14.5. Perjalanan Stockholm-Tallinn biasanya memakan waktu 12 jam, dan selama perjalanan kita bisa menikmati hiburan seperti cabaret, bar, restaurant, karaoke dan duty free shop.

Tiba di Tallinn, waktu yang tersisa untuk mengelilingi Tallinn sekitar 10 jam dan untungnya sebagian besar objek wisata Tallinn terkonsentrasi di Old Town.

Tallinn
Warna warni gedung di area Old Town
Tallinn
Tallinn Old Town

Karena waktu yang tersisa terbatas, maka terpaksa kami tidak bisa memasuki museum untuk mengetahui sejarah kota ini lebih lanjut. Hanya saja dari sepengamatan saya, old town ini terdiri dari 2 area, yaitu upper town dan lower town. Hal ini membuat kita memiliki kesempatan untuk melihat old town dari tempat yang lebih tinggi, dan kesempatan ini jarang ditemukan didaerah old town lain.

Tallinn
Tembok yang membatasi kawasan Old Town masih gagah berdiri
Sisa-sisa tembok Old town

Beruntungnya lagi, tembok-tembok yang membatasi Tallinn old town, masih berdiri gagah membatasi kawasan ini. Bila dibandingkan dengan old town di negara lain kebanyakan tembok-tembok pembatas seperti ini sudah diruntuhkan, sehingga kadang kawasan old town negara tersebut sudah tercampur dengan bangunan modern. Oleh karena itu pantaslah disebut Tallinn old town adalah salah satu best preserved medievel sites in Europe.

Tallinn
View Tallinn dari atas
Tallinn
Gereja Ortodox Alexander Nevsky Cathedral

Banyak sekali situs-situs menarik yang ada di kawasan ini, seperti Gereja Ortodox Alexander Nevsky,  Church of the holy spirit, St. Olaf’s Church yang katanya bangunan tertinggi di dunia dari tahun 1549 hingga 1625 dan masih banyak lagi.

townhall di old town
Tallinn
Townhall di old town
Tallinn
Gerbang old town, yang memisahkan masa lalu dan masa kini

Memang harga murah berbanding dengan kualitas yang didapatkan. Buat anda yang tertarik hanya untuk menghabiskan weekend dengan hiburan murah di cruise dan melihat Tallinn secara sekilas, mungkin ini bisa menjadi salah satu opsi untuk dilakukan.

Namun Tallinn menawarkan lebih banyak wisata yang tidak mungkin bisa dihabiskan dalam 10 jam, sehingga dapat disimpulkan tinggallah lebi lama di Tallinn

(Visited 70 times, 1 visits today)

Leave a Reply