Precious Plastic : Project Unik yang Dapat Mengurangi Sampah Plastik

Precious Plastic

Techraveller, sebagai website yang berfokus pada teknologi serta travelling, selalu ingin membangun awareness masyarakat akan pentingnya isu lingkungan. Terdapat beberapa artikel yang sudah pernah kami sajikan seperti Mungkinkah Climate Change Dapat Menyebabkan Perang? dan Renewable Energy Solusi menghadapi Climate Change yang membahas secara khusus dampak buruk dari climate change.

Namun kali ini kami ingin mencoba membahas isu lingkungan dari sudut pandang yang berbeda, dimana pendekatan kali ini lebih kepada solusi real yang dapat diterapkan oleh banyak orang agar masalah lingkungan dapat segera diselesaikan.

Solusi itu adalah gerakan bernama Precious Plastic yang digalakan oleh Dave Hakkens. Sebelum dijelaskan lebih lanjut silahkan nikmati video ini terlebih dahulu:

Apa itu Precious Plastic?

Sebenarnya project ini sudah kami ketahui pada pertengahan tahun 2016, namun beberapa waktu lalu website dari davehakkens.nl, memberitakan akan segera diluncurkan updatean terbaru dari precious plastic, yaitu precious plastic 3.0. Sebelum project ini kembali booming, kami mencoba mengulas kembali konsep dari precious plastic.

Precious Plastic
Pengumuman Precious Plastic 3.0 yang akan segera diluncurkan

Gerakan ini bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang ada di Bumi. Tanpa kita sadari, plastik menjadi masalah yang sangat sulit untuk ditangani karena jumlah dan penggunaanya yang tidak mampu dibatasi, serta kemampuan plastik yang sulit terurai membuat plastik menjadi masalah lingkungan yang sulit untuk diatasi.

Dari pegunungan Himalaya hingga dasar samudra, sampah plastik menjadi peninggalan manusia yang sulit untuk dihilangkan. Ditambah lagi, untuk dapat mengurangi dampak buruk dari sampah plastik, biasanya dilakukan dengan mengumpulkan seluruh sampah plastik dan di recycle pada pusat-pusat daur ulang sampah plastik.

Precious Plastic
Sampah Plastik yang menggunung (Source: Preciousplastic.com)

Solusi konvensional ini terasa masih kurang mampu untuk menyelesaikan masalah sampah plastik, yang laju pertumbuhannya lebih tinggi dari pada laju pendaurulangan sampah plastik itu sendiri. Oleh karena itu Dave Hakkens bersama tim, mengembangkan alat daur ulang sampah plastik dengan skala kecil agar dapat digunakan pada skala perumahan.

Dengan konsep tersebut, pusat-pusat pengolahan sampah yang awalnya berjumlah sedikit dan terkonsentrasi di tempat-tempat tertentu, dapat diperbanyak dalam skala-skala kecil dan tersebar di semua area. Selain itu konsep ini memiliki kelebihan dimana masyarakat dapat lebih terlibat langsung untuk ikut membantu dalam proses recycle plastik, dibandingkan konsep konvensional karena dari sampah plastik yang didaur ulang dapat diolah menjadi barang-barang yang dapat digunakan oleh masyarakat.

Hadir dengan Konsep Unik

Agar konsep ini dapat diterapkan oleh semua orang, precious plastic menyediakan blueprint serta video cara pembuatan mesin dari precious plastic secara gratis. Dengan penyediaan cara pembuatan mesin secara gratis, diharapkan dapat membuat animo akan project ini semakin tinggi apalagi video tutorial (cek video tutorial pembuatan mesin precious plastic disini ) yang disediakan sudah sangat rinci serta detail, apalagi bahan baku untuk pembuatan mesin-mesin precious plastic sangat disarankan dibuat dengan menggunakan bahan-bahan bekas.

Precious Plastic
4 Jenis mesin Precious Plastic yang dapat dibuat

Terdapat 4 jenis mesin yang dapat dibuat yaitu:

  1. Extrusion
    Mesin ini berguna untuk anda yang tertarik ingin membuat bahan baku untuk printer 3D menggunakan bahan plastik bekas
  2. Injection
    Mesin yang cocok digunakan untuk membuat bentuk-bentuk berukuran kecil dari bahan plastik secara cepat dan berulang
  3. Compression
    Mesin ini cocok untuk membuat bentuk berukuran besar dari bahan plastik.
  4. Shredding
    Mesin yang berguna untuk menghancurkan plastik-plastik berukuran besar menjadi serpihan kecil agar dapat digunakan pada ketiga alat lainnya.

Melatih Kreativitas serta Imajinasi

Dengan membuat sendiri mesin-mesin Precious Plastic, banyak sekali manfaat yang didapat oleh masyarakat. Salah satunya adalah terangsangnya kreativitas serta imajinasi dari masyarakat. Hal ini disebabkan karena para pengguna mesin precious plastic diberikan keleluasaan untuk mendesain sendiri hasil karya yang dinginkan.

Precious Plastic
Berbagai macam peralatan yang dapat dibuat menggunakan mesin Precious Plastic

Untuk saat ini beberapa benda plastik seperti pot, gagang pisau, atau mangkok sudah bisa bisa dibuat dari sampah plastik. Selain itu permainan warna dan desain dari berbagai jenis plastik berbeda dapat membuat anda betah berlama-lama bermain dengan mesin ini untuk menghasilkan bahan serta barang dengan desain yang unik dan berbeda.

Bagi anda yang tertarik dengan konsep ini silahkan langsung kunjungi website dari precious plastic yaitu

Precious Plastic

atau kunjungi website pembuatnya yaitu

Dave Hakkens

Sebarkanlah ide ini, agar sampah-sampah plastik yang mengotori bumi dapat kita kurangi bersama dan ubah menjadi barang berharga.

(Visited 257 times, 1 visits today)

5 thoughts on “Precious Plastic : Project Unik yang Dapat Mengurangi Sampah Plastik

Leave a Reply