Teknologi Smartphone dan Baterai Melengkung Akan Segera Hadir

Samsung Concept

Biasanya awal tahun 2017, bakal banyak review yang bermunculan tentang Technology yang akan booming ditahun 2017. Penasaran dengan perkembangannya, Akhirnya sayapun mencoba meluncur ke IEEE Spectrum. Buat yang belum tahu, website ini dikelola oleh organisasi engineer elektro terbesar di dunia, oleh karena itu informasi seputar teknologi yang disajikan dapat dipertanggungjawabkan dan selalu up to date.

Baterai yang dapat melengkung

Setelah membaca beberapa artikel, mata saya tertuju pada berita-berita mengenai CES 2017. CES ini merupakan pameran untuk consumer technology yang selalu dihelat di Las Vegas. Biasanya teknologi-teknologi terbaru dari setiap perusahaan besar di dunia bakal dipamerkan disini sebelum terjun ke pasar secara langsung seperti drone, IOT, virtual reality dan lain-lain.

Baterai yang dapat melengkung
Baterai yang dapat melengkung (source IEEE spectrum photo by: Amy Nordrum)

Salah satu artikel yang menarik adalah tentang, Panasonic yang memamerkan baterai lithium-ion yang dapat dilengkungkan di CES 2017 (CES 2017: Panasonic Shows Off a Bendable Lithium-ion Battery for IoT, Wearables). Dari berita tersebut, panasonic berencana untuk memproduksi secara masal pada tahun 2018 atau 2019. Proyek yang sudah berlangsung dari tahun 2008 ini, berencana akan diterapkan pada produk seperti wearable device dan juga produk IOT.

Mengapa produk baterai elastis ini begitu penting, karena rata-rata baterai itu berukuran besar dan sangat kaku. Sehingga pengembangan untuk produk seperti wearable device menjadi terhambat dan memiliki keterbatasan seperi ukuran dan ketidakelastisan dari produk itu sendiri. Padahal penggunaan wearable device yang rata-rata digunakan untuk aktivitas outdoor membutuhkan kefleksibelaan yang ama tinggi.

Smartphone dan tablet dalam satu device

Kemudian saya coba beralih keberita lainnya, dan kembali hal yang berbau fleksibel menarik perhatian saya. Berita mengenai rumor smartphone yang dapat dilipat akan membuat debutnya pada tahun 2017 (Fold-Up Smartphone Screens Could Finally Make Their Big Debut). Perusahaan yang berencana untuk meluncurkannya adalah Samsung. Hal ini didasari oleh keinginan banyak orang untuk menggabungkan tablet dan juga smartphone mnjadi satu device. Sebab biasanya tablet lebih sering digunakan untuk membaca atau menonton video sedangkan smarthone sebih nyaman untuk menelpon atau mengirim pesan.

Smartphone yang dapat melengkung
Design smartphone yang dapat melengkung dari Moxi group

Untuk dapat mewujudkan penggabungan ini, dirancanglah konsep device yang dapat melipat atau membengkok sehingga ukuran layar dari device ini dapat berubah ukuran sesuai kebutuhan. Dengan konsep ini masalah ukuran yang berbeda dari tablet dan smartphone dapat diselesaikan oleh satu device. Samsung sendiri selamat 4 tahun terakhir telah mengembangkan “artificial muscles”, yaitu teknologi yang dapat merubah posisi komponen elektronik ketika device sedang berusaha membengkok untuk mengurangi kerusakan saat pembengkokan atau melipat.

Tantangan kedepannya

Kedua berita ini, terlihat saling mendukung satu sama lain. Baterai yang dapat melengkung akan sangat dibutuhkan oleh konsep tablet dan smartphone yang didukung oleh samsung. Mungkin dalam 2 sampai 4 tahun kedepan, bukan hal yang tidak mungkin kita dapat melihat teknologi ini dipasaran.

Hanya saja terdapat beberapa tantangan yang harus diselesaikan, salah satunya adalah pada sistem charger untuk baterai tersebut. Karena desain baterai yang melengkung ini maka, tidak ada komponen-komponen charger yang dapat diletakkan bersama baterai oleh karena itu digunakan konsep wireless charging. Hanya saja, teknologi wireless charging masih memiliki beberapa masalah seperti jarak air gap yang terlalu kecil dan efisiensi yang masih rendah.

Selain itu untuk konsep pengembangan penggabungan tablet dan smartphone, tantangan terbesarnya bagaimana mengganti komponen-komponen elektronik kaku yang biasa digunakan agar menjadi elastis. Selama ini rangkaian listrik yang digunakan terbuat dari metal, dan metal sangat sulit untuk dibengkokkan. Sudah ada beberapa solusi untuk menyelesaikan ini seperti penggunaan razor thin circuit hanya saja teknik ini masih jarang digunakan pada smartphone.

Bila tantangan ini dapat diselesaikan, maka bukan tidak mungkin bebrapa tahun kedepan kita dapat menggunakan konsep ini sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

 

(Visited 127 times, 1 visits today)

13 thoughts on “Teknologi Smartphone dan Baterai Melengkung Akan Segera Hadir

    1. Bener banget gan,. teknologi semakin berevolusi. Tiggal cek masalah ketahanan saja jika benar nanti terwujud.
      Nice share gan techravel.. 🙂

  1. Keren. Makin tahun makin maju teknologi. Dan ane menantikan Device yang menggabungkan smartphone dan tablet. Kira – kira berapa duit yah …

  2. Smartphone melengkung, tablet melengkung, baterai melengkung,…. TV melengkung juga sudah ada…. Keren banget. Era Doraemon semakin nyata.

Leave a Reply