Tips dan Trik Lolos Monev PKM-K dan PKM-KC Tahun 2016

Ini merupakan kelanjutan dari kisah sebelumnya, kisah ini akan menceritakan perjalanan kami untuk menghadapi monitoring dan evaluasi (MONEV) dari proposal PKM-K (Kewirausahaan) dan PKM-KC (Karsa Cipta) kami serta tips dan trik menghadapi monev dengan percaya diri.
Pengalaman Membuat Proposal PKM-K dan PKM-KC 2015

Setelah menunggu beberapa bulan, tepatnya pada januari 2016, pengumuman proposal yang lolos didanai akhirnya diumumkan. Kedua proposal yang kami buat ternyata lolos untuk didanai. Namun kebahagiaan ini tidak akan berlangsung lama, karena akan ada beberapa hal yang mengubah kegembiraan kami nantinya.

Setelah pengumuman tersebut, seluruh tim PKM dari ITB yang lolos dikumpulkan oleh Satuan pengawas PKM atau singkatnya SATGAS PKM. Mereka ini yang bertugas untuk memberikan materi dan membantu tim-tim PKM ITB untuk dapat lolos ke PIMNAS nantinya.

Pada pertemuan inilah, kegembiraan kami akhirnya hilang. Sebab saya baru tahu kalau dana dari DIKTI turunnya selalu telat dan baru dapat dicairkan saat mendekati PIMNAS. Mendengar berita ini semangat kamipun mulai pudar apalagi setiap bulannya juga akan diadakan simulasi dan pelatihan menghadapi MONEV serta setiap tim akan dipantau perkembangannya, bila ada tim yang tidak hadir atau tidak ada progress maka akan ada surat peringatan kepada dosen pembimbing menanti kedepannya.



Kami yang sudah tingkat akhir ini dan tinggal beberapa bulan lagi lulus, tidak mau mengambil resiko dengan menciptakan kasus-kasus aneh seperti ini. Mau tidak mau kami menuruti segala peraturan dari SATGAS PKM, padahal biasanya kalau sudah tingkat akhir begini kita bisa menggunakan kekuatan senioritas untuk bersikap sesukanya tetapi untuk hal ini sepertinya tidak.

Bila diperhatikan peraturan ini dibuat karena pada tahun-tahun sebelumnya, banyak kasus mahasiswa tidak mempertanggungjawabkan dana yang telah dihibahkan sehingga merugikan pihak ITB serta tim-tim lain tidak lolos didanai tetapi memiliki niat untuk mengikuti PIMNAS. Biasanya mahasiswa yang seperti ini kami panggil sebagai “buronan” karena namanya akan selalu muncul dan dipanggil di mailing list prodi.

Kamipun menjalankan kedua projek ini dengan pikiran, hati dan fokus yang terbagi-bagi, sebab kedua project ini bertepatan dengan pengerjaan tugas akhir yang juga menentukan kelulusan kami nantinya. Akhirnya setelah berbagai macam simulasi, laporan progress, serta seminar persiapan monev, hari yang ditunggu-tunggu untuk diadakannya monev pun tiba, saya lupa bulan apa tepatnya monev ini diselenggarakan mungkin sekitar bulan mei atau juni.

Untuk teman-teman yang akan menghadapi monev berikut tips dan trik dalam menghadapi monev:

Hal yang perlu dipersiapkan:

  1. Laporan Perkembangan (laporan ini tidak boleh copy paste dari proposal, isi dan struktur laporan ini akan dibahas dibawah.
  2. Presentasi Laporan Perkembangan
  3. Logbook (semacam catatan harian, sebaiknya diisi mulai dari awal pengumuman lolos pendanaan dan setiap kegiatan yang berkaitan dengan project PKM didokumentasikan dengan baik agar dapat diisi pada logbook)
  4. Prototype dari alat atau produk.
  5. proposal awal

Tips laporan perkembangan

PKM-KC

  • Ringkasan

Seperti pada penjelasan sebelumnya, bagian ringkasan jangan pernah dianggap remeh. Untuk laporan perkembangan sebaiknya pada bagian ringkasan selain penjelasan secara singkat keberjalanan project sudah sejauh apa sebaiknya dicatumkan, juga jumlah dana yang sudah diserap sebesar berapa persen, dan nominalnya, serta presentase ketercapaian project sudah berapa persen.

  • BAB 1 Pendahuluan

Pada bagian ini seprti penggabungan BAB 1 dan BAB 2 dari proposal namun dipersingkat. Untuk PKM-KC bisa dijelaskan sedikit mengenai latar belakang kenapa muncul ide ini, lalu disertai data-data pustaka yang mendukung latar belakang tersebut.

  • BAB 2 Target Luaran

Penjelasan mengenai  output dari project ini. Dijelaskan dalam bentuk paragraf manfaat apa saja yang akan didapat apabila projek ini dapat dilaksanakan

  • BAB 3 Metode

Sebenarnya pada bagian ini masing-masing penjelasan akan berbeda karena setiap proposal memiliki ide dan metode berbeda. Namun inti dari bagian ini adalah kita menjelaskan mengenai metode-metode apa saja yang akan kita lakukan agar proyek ini dapat berhasil. Sebagai contoh karena proposal saya membuat sebuah lampu jalan yang dapat bekerja otomatis maka metode-metode yang akan saya lakukan adalah seperti dibawah ini.

  1. Desain Hardware dan Software= menjelaskan mengenai tahap-tahap pembuatan hardware  ( baik desain body maupun desain bagian electrical) serta tahap-tahap pembuatan software (menggunakan bahasa apa, dan software pendukungnya apa saja)
  2. Prototiping produk = Penjelasan bagaimana integrasi antara hardware dan software agar dapat bekerja sesuai dengan design yang dinginkan
  3. Integrasi dan Pengujian Alat = penjelasan Integrasi dengan sistem lampu jalan yang ada serta teknik pengujian yang akan dilakukan
  4. Evaluasi = penjelasan metode evaluasi yang dilakukan untuk pengujian alat
  • BAB 4 Hasil yang dicapai

Pada bagian ini kita menjelaskan apa saja yang sudah kita lakukan, dalam menjalankan metode-metode pada BAB 3. Yang lebih diutamakan adalah dari setiap metode-metode harus diberikan nominal presentase ketercapaian serta waktu pelaksanaan metode ini dari kapan sampai kapan. Sebagai contoh apabila pada bagian metode saya berencana melakukan pengujian sebanyak 4 kali namun pada pelaksanaannya saya baru melakukan sebanyak 2 maka presentase ketercapaian saya baru 50%.

Jangan lupa, diceritakan secara detail, apa saja hasil yang telah dicapai pada metode-metode ini.

Kemudian pada bagian akhir bab ini, direkap presentase tiap metode dalam bentuk tabel dan ditotal presentase secara kesuluruhan. Jangan lupa memasukkan anggaran yang sudah digunakan sebesar berapa rupiah dan presentase dana yang telah digunakan.

  • BAB 5 Potensi Hasil

Pada bagian ini, dijelaskan mengenai peluang-peluang yang akan didapat apabila produk ini berhasil dibuat.

  • BAB 6 Rencana Tahapan Berikutnya

Karena presentase ketercapaian kita belum 100%, maka perlu dilampirkan rencana-rencana yang akan dilakukan agar proyek ini dapat selesai tepat waktu. Sebaiknya disesuaikan dengan jadwal PIMNAS yang diselnggarakan pada awal agustus sehingga sebaiknya timeline dibuat berakhir pada akhir juli.

  • Penggunaan Dana

List penggunaan dana

  • Nota dan Kuitansi

Melampirkan nota dan kuitansi

  • Dokumentasi Kegiatan

Foto-foto kegiatan

PKM-K

Untuk PKM-K, strukturnya hampir sama mungkin yang berbeda adalah bagian metode dan hasil yang dicapai. Namun tidak akan dipaparkan dibagian ini sebab setiap metode dari proposal PKM pasti berbeda-beda dan disinilah kita diuji untuk lebih kreatif dalam menjelaskan ide kita tersebut.



TIPS Presentasi Monev

  1. Saya lupa berapa waktu yang disediakan untuk presentasi, mungkin sekitar 10 sampai 15 menit. Dengan waktu yang singkat ini saya membuat presentasi yang tidak bertele-tele. Struktur presentasi yang saya buat adalah Latar belakang -> Metode -> presentase ketercapaian tiap metode -> total dana terserap serta presentase total ketercapaian -> cara agar project dapat mencapai 100% -> potensi kedepannya -> presentasi alat
  2. kemudian sebaiknya presentase ketercapaian dari project kita itu minimal 75% dampai 80%, hal ini masih bisa diterima oleh penguji sebab ada kemungkinan bahwa project bisa dikejar saat pimnas akan dimulai. Apabila presentase kurang dari ini kemungkinan penguji ragu akan kesiapan project kita menghadapi pimnas.
  3. Kemudian sebaiknya data-data dilogbook kita minimal sudah mencapai angka 60 sampai 70 kali pengisian, hal ini juga dapat lebih menyakinkan penguji bahwa presentase besar yang telah capai diiringi pula dengan dokumentasi yang banyak juga.
  4. Bila presentase ketercapaian dan dana yang terserap masih belum 100%, sebaiknya pada saat presentasi diberikan cara-cara kita agar dapat menuntaskan project ini sebelum PIMNAS serta juga dijelaskan bagaimana sisa dana agar dapat terserap 100%

Demikian tips dan trik dari saya, tapi jangan terlalu terpaku pada tips dan trik ini, sebaiknya anda dapat menemukan cara yang lebih baik dalam menghadapi MONEV.

Untuk monev ini, kebetulan ide kami pada PKM-K dapat lolos ketahap akhir yaitu PIMNAS di IPB Bogor, untuk kisah berikutnya dapat dibaca pada artikel berikutnya.

Part 1 : Pengalaman Membuat Proposal PKM-K dan PKM-KC 2015
Part 2 : Tips dan Trik Lolos Monev PKM-K dan PKM-KC Tahun 2016
Part 3 : Pimnas 2016, Perjuangan Meraih Emas di IPB

(Visited 1,901 times, 1 visits today)

17 thoughts on “Tips dan Trik Lolos Monev PKM-K dan PKM-KC Tahun 2016

  1. Saya belum pernah mendengarkan artikel ini dan juga kurang mengerti, tetapi setelah saya baca, ini adlaah pengalaman yg sangat berharga menurut saya

Leave a Reply