Tips Melawan Rasa Malas Menulis

Di era sekarang ini, menulis menjadi salah satu skill yang wajib dimiliki semua orang yang ingin berkarir dalam bidang profesional. Sampai ada pepatah, bila anda ingin sukses jago-jagolah dalam menulis. Salah satu contoh pentingnya menulis dapat dilihat saat kita ingin melamar S2. Biasanya syarat penting yang harus dilengkapi adalah esai motivation letter yang dibatasi hanya boleh 1 halaman. Dengan Keterbatasan seperti itu, Bagaimana caranya dengan esai yang kita buat, kita dapat menggugah tim penyeleksi agar mau memilih kita. Oleh karena itu, menulis menjadi sangat penting agar setiap orang tau bagaimana menyusun esai yang terstruktur dan rapih tata bahasanya. Sebab biasanya, setiap paragraf yang kita tulis dapat menjadi cerminan pola pikir sang penulis yang sebenarnya.

Namun bagaimana cara agar kita dapat menjadi ahli dalam bidang menulis?

Jawabannya cukup mudah yaitu dengan latihan terus menerus. Salah satu media untuk melatih skill menulismu adalah dengan menulis blog.
Mengapa menulis blog?
Jadi bila diibaratkan, melatih cara menulis itu sebenarnya seperti melatih membentuk otot tubuh.Bila kita ingin melatih agar otot kita semakin besar dan dapat dilihat perkembangannya dengan baik, maka kita butuh tempat latihan, yang biasanya disebut GYM.Sama halnya dengan menulis, blog dapat diibaratkan sebagai tempat latihan yang sama seperti GYM. Blog menjadi tempat kita melatih menulis dan progress hasil latihan dapat dilihat oleh orang lain. Semakin baik tulisan kita maka akan semakin banyak pembaca dan hal ini hanya dapat dilihat apabila memiliki blog.

Hanya saja ketika sudah memiliki blog, orang-orang hanya bersemangat menulis diawal saja. Sekitar 1 sampai 2 minggu dan blog pun terbengkalai. Ibarat sudah membayar member GYM mahal-mahal namun tidak pernah latihan, ya begitulah nasib blog kebanyakan. Saya pun seperti itu, sudah sekitar 5 blog yang pernah saya buat selama hidup, dan semua berakhir pada 1 bulan pertama (mungkin hal ini terjadi karena membuat blog itu gratis). Selain itu, rasa malas untuk menulis juga menjadi penghalang yang teramat besar untuk dihadapi, boleh dikatakan saya adalah procrastinator ulung sejak lahir. Kebiasaan ini biasanya semakin menjadi-jadi, apabila saya menganggap menulis adalah kegiatan membosankan apalagi hal yang ditulispun tidak terlalu penting.

Untuk melawan 2 kendala yaitu malas mengupdate blog dan malas menulis, maka saya mencoba mengembangkan teknik andalan yang didapatkan ketika bersemedi diatas kasur kesayangan (maksudnya tidur). Semoga teknik ini dapat membantu kita semua agar dapat menjadi penulis yang lebih baik lagi kedepannya.

1. Buatlah Blog Berbayar
Menurut saya ini cara yang sangat ampuh. hal ini saya sadari ketika mengikuti ujian IELTS. Ujian ini terbilang cukup mahal, saya yang biasanya ogah-ogahan belajar mau tidak mau jadi bersemangat belajar. Hal ini terjadi karena sikap tidak mau rugi yang sudah terpupuk dari lahir dan ditempah dengan baik ketika kuliah. Teknik inipun saya gunakan dalam menulis blog dengan membeli domain dan menyewa server, hasilnya saya selalu mengupdate blog ini setiap minggu (Semoga terus update hehehe) biar tidak rugi.

2. Mencari Tujuan Menulis dan Alasannya
Tetapi teknik diatas tidak akan sempurna apabila kita tidak menerapkan teknik yang kedua. Kegiatan menulis akan terkesan menjadi terpaksa dan bukan kegiatan yang menyenangkan bila kita hanya menerapkan teknik 1. Oleh karena itu, dibutuhkan tujuan yang jelas dan alasan mengapa kita menulis. Untuk saya sendiri, kegiatan menulis lebih kearah penenangan pikiran. Otak ini sebenarnya dapat diibaratkan sebagai gelas. Setiap hari manusia selalu berpikir berbagai macam hal, dimana hal ini dapat diibaratkan mengisi air kedalam gelas. Terkadang saat kita terlalu banyak mengisinya dengan air, maka lama-kelamaaan air tersebut akan tumpah. Sehingga dibutuhkan wadah berbeda agar dapat menampung air-air ini agar tidak tumpah, dan bagi saya wadah itu adalah blog. Itulah tujuan saya memulai blog ini sebagai penyegar pikiran.

Apabila kedua teknik itu sudah dikuasai, mungkin saja perjalanan kita untuk dapat menulis lebih baik lagi dapat dicapai kedepannya.

(Visited 271 times, 1 visits today)

17 thoughts on “Tips Melawan Rasa Malas Menulis

    1. wah benar sekali mbak, kalo udah ada niat berbayar atau tidak sama saja.
      mungkin tips ini cocok untuk orang-orang yang niatnya kurang seperti saya hehehe

  1. Saran buat blog berbayar bagus juga,,hhee Memang benar sifat manusia tidak ingin rugi dan menjadikan alasan untuk menulis lagi supaya tidak rugi hhe

    1. hehehe makasih mas
      saran ini saya dapat setelah berkali2 gagal ngeblog karena malas
      mungkin blog berbayar adalah solusi buat orang malas seperti saya hehehe

  2. setuju banget gan, tahun 2015 saya vakum hapir setengah tahun terus ngeliat blog temen ane berkembang ane jadi pengen jg 😀 pas ada rejeki langsung dah beli domain, dan alhamdulillah sekarang jadi berkurang malesnya karena ya…sayang dah klo ditinggal gt aj padahal dah keluarin duit toh jg insyaallah balik ya gak hehe

  3. Tambahan buat melawan rasa malas menulis. Lakuin aja, nulis aja. Kasarnya ngga usah mikir. Mau jelek juga gapapa. Jangan pikirin, tapi lakuin.

Leave a Reply