Pengalaman sebagai Winter Student di Kyoto University – Persiapan (1)

Jadi pada bulan januari 2016, saya berkesempatan untuk menjadi salah satu peserta winter seminar on Human Security Development and Energy Sciences di Kyoto University selama 2 bulan. Bisa dibilang ini pengalaman yang sangat menyenangkan untuk anak kos, kenapa? karena buat anak kos macam saya, perjalanan keluar negri gratis adalah sebuah kewajiban. Seperti kita ketahui, perjalanan keluar negri bukanlah hal yang murah yang dapat dibayar dengan mencabut bulu kaki, namun pihak kyoto university yang bekerja sama dengan dengan ASEAN University Network (AUN) mau menanggung sebagian pengeluaran, untuk membiayai pengeluaran hotel,makan pagi dan transportasi di jepang.

Terus tiket pesawat siapa yang bayar?
Tenang saja, untung fakultas saya tercinta, STEI ITB mau berbaik hati membantu membiayai tiket pesawat. Saat itu saya memilih maskapai Air Asia, karena harga tiketnya paling murah yaitu dikisaran 2 juta rupiah untuk sekali jalan. Ya harga sesuai dengan kualitas yang didapat, dengan penerbangan selama 6 jam dari kuala lumpur -kansai international airport, sukses membuat tulang belakang saya menangis india.

kyoto1Para Peserta Winter Seminar

Oke cukup dengan penjelasan biaya, saya merasa beruntung bisa mengikuti seminar ini, karena kota tujuannya yaitu Kyoto. kota ini berhasil merubah paradigma saya terhadap Jepang, biasanya para wisatawan apabila ke Jepang kota pertama yang dikunjungi adalah Tokyo, dengan mengunjungi Tokyo, paradigma yang terbentuk biasanya mengkaitkan jepang dengan teknologi cangih dan anime-anime. padahal banyak yang bisa diexplore seperti budaya dan keindahan alam. dan Semua itu tertata apik di Kyoto, anda bisa puas dengan melihat budaya jepang, keindahan alam serta sedikitnya hiruk pikuk.

kyoto3Keindahan Alam Kyoto – Kiyomizudera

kyoto2Keindahan Alam Kyoto – Arashiyama

O ia, untuk program winter seminar sendiri, acaranya adalah kuliah dari para professor-professor dari kyoto university berkaitan dengan kondisi energi dunia, energi terbarukan baik angin ataupun matahari, teknologi energi dan masih banyak lagi.

Buat yang tertarik pantengin terus website ini:
http://www.energy.kyoto-u.ac.jp/english/seminar/index.html
biasanya pendaftaran dibuka akhir agustus atau awal september. untuk kalian yang ingin mendaftar persiapannya apa saja ya?

  1. Siapkan nilai TOEFL ITP kalian, sebaiknya diatas 550
  2. kalian akan diminta mengisi beberapa form, seperti alasan mengapa ikut program ini, dan rekomendasi professor. Jadi sebaiknya persiapkan ini dengan baik
  3. minta transcript ke TU secepatnya

ya menurut saya itu saja yang disiapkan dulu, apabila sudah dinyatakan lolos, langsung secepat kilat buat proposal dana ke TU untuk meminta tambahan dana, lalu persiapkan paspor yang memakan waktu 3 hari, dan jangan lupa apply VISA jepang yang juga memakan waktu 3 hari.

O ia, Hati-hati saat apply VISA Jepang, karena berangkatnya bulan januari, bisanya kita apply bulan desember akhir, dan  kedubes jepang akan libur sangat panjang hingga akhir januari karena libur natal, jadi sebaiknya apply visa pada awal desember paling telat.

Semoga tulisan ini bisa membantu

(Visited 166 times, 1 visits today)

4 thoughts on “Pengalaman sebagai Winter Student di Kyoto University – Persiapan (1)

Leave a Reply