Skip to content

5 Area yang Harus dikunjungi Saat Jalan-Jalan di Budapest

Danube River

Baca Perjalanan Lengkap Saya Di Budapest : 5 Area yang Harus dikunjungi Saat Jalan-Jalan di Budapest
Baca Perjalanan Lengkap Saya Di Vienna : 9 Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Vienna
Baca Perjalanan Lengkap Saya Di Prague: Bikin Rute Tur Sendiri, Demi Berhemat Jalan-Jalan di Praha

Budapest menjadi kota pertama yang saya hampiri dalam perjalanan musim semi ini. Yang membuat saya tertarik datang kesini adalah biayanya yang murah bila dibandingkan Stockholm serta banyaknya permandian air panas yang ditawarkan oleh kota ini, tidak heran Budapest dijuluki city of Spas. Uniknya, walaupun tidak ada aktivitas vulkanik disekitaran Budapest seperti gunung berapi, namun kota ini bisa memiliki banyak sekali mata air panas yang telah dimanfaatkan oleh bangsa Romawi sejak abad ke-1.

Namun selain pemandian air panas, ternyata Budapest juga menawarkan berbagai objek wisata menarik yang wajib untuk dikunjungi. Selain itu suasana Budapest saat malam sangat indah bila anda salah satu pencinta Fotografi.

Artikel kali ini akan membahas Area-area di Budapest yang wajib dikunjungi serta objek wisata utama di area tersebut. Saat mengunjungi area tersebut akan terdapat beberapa monumen dan juga objek wisata yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki. Sehingga sangat disarankan untuk melakukan walking tour. Salah satu list walking tour yang dapat diikuti seperti pada website bigboytravel.

1. Buda Area

Atraksi di area ini:

  • Széchenyi Chain Bridge
  • Buda Royal Palace
  • Matthias Church
  • Fisherman Bastion

Kota Budapest sendiri terdiri atas 2 wilayah utama yaitu wilayah Buda dan Pest yang dipisahkan oleh Danube River. Wilayah Buda terkonsentrasi pada objek wisata yang berhubungan dengan Buda castle dan ciri khasnya adalah adalah posisi bangunan yang berada di dataran tinggi.

Széchenyi Chain Bridge

budapest
Széchenyi Chain Bridge dan Buda Royal Palace
Széchenyi Chain Bridge

Saat akan menyebrang dari area Pest ke Buda kita akan melewati salah satu jembatan pertama yang menghubungkan kedua area ini pada tahun 1849 yaitu Széchenyi Chain Bridge. Patung Singa menjadi ciri khas jembatan ini, anda tahu telah melewati jembatan ini bila anda telah melewati patung singa tersebut. Pada malam hari jembatan ini menjadi yang paling gemerlap diantara jembatan lain karena lampu-lampu yang menghiasi.

Buda Royal Palace

Buda Royal Palace
Kondisi Castle District

Kemudian berada dipuncak bukit terdapat Buda Royal Palace. Kita dapat menaiki fenicular untuk sampai kepucak bukit, namun karena kami masih sangat bersemengat kami memilih menaiki tangga (hemat) untuk sampai keatas. Buda Royal Palace masuk kedalam castle district dan castle district merupakan UNESCO world heritage site. Buda Royal Palace memiliki sejarah kelam dimana sempat menjadi tempat tinggal berbagai macam kerajaan seperti Otoman dan kerajaan Austria dan sempat hancur karena perang dunia ke-2. Saat ini bangunan kastil dijadikan sebagai Hungarian National Gallery dan Budapest History Museum.

Matthias Church

Matthias Church
Matthias Church

Selain Buda Royal Palace, kawasan Castle district juga menawarkan bangunan-bangunan bersejarah lainnya salah satunya adalah Matthias Church. Berada di pusat Castle distict, gereja ini sudah dibangun sejak tahun 1015 dan sempat dihancurkan oleh invasi dari bangsa mongolia tahun 1242. dan juga sempat berubah menjadi mesjid saat Budapest dikuasai oleh Otoman selama 150 tahun, dan kembali diubah menjadi gereja setelah direbut oleh Paus Innocent XI pada tahun 1686. Dengan banyaknya sejarah dari bangunan ini, sangat layak untuk melihat kemegahan yang ditawarkan oleh Matthias Church.

Fisherman Bastion

Fisherman Bastion
Fisherman Bastion dan Matthias Church

Didekat Matthias Church, terdapat bangunan dengan puncak menara yang unik. Bangunan ini disebut Fisherman Bastion. Fisherman Bastion jadi salah satu landmark unik dari Budapest. Tempat ini diberi nama fisherman karena pada zaman dahulu yang bertanggung jawab dalam pertahanan daerah ini dalah serikat nelayan. Selain sejarah, tempat ini akan selalu ramai karena pemandangan yang ditawarkan untuk melihat Danube River dan Pest Area dari ketinggian.

2. Pest Area

Atraksi di area ini: 

  • Hungarian Parliament Building
  • Saint Stephen’s Basilica
  • Freedom Square
budapest
Holocaust Shoe Memorial

Kali ini kita pindah ke area Pest. Persiapkan kaki anda karena kali ini kita akan berjalan cukup jauh melihat tempat-tempat bersejarah yang ditawarkan oleh area ini. Di kawasan ini kita akan banyak melihat patung-patung untuk memperingati sejarah Hungaria maupun Budapest. Salah satu yang terkenal adalah Holocaust Shoe Memorial yang berlokasi dekat dengan Parliament Building dan berada dipinggiran Danube River.

Hungarian Parliament Building

Parliament Building Tampak Samping
budapest
Parliament Building

Dengan arsitektur bergaya gothic, gedung parlemen ini jadi bangunan terbesar di Hungaria. Bila diperhatikan bangunan ini lebih terlihat seperti istana dibandingkan seperti gedung parlemen pada umumnya. Bangunan ini dibangun untuk memperingati 1000 tahun negara Hungaria dibentuk. Jangan lewatkan tour untuk melihat isi dari bangunan ini, book tour dalam berbahasa Inggris dari jauh-jauh hari karena jumlahnya yang terbatas.

Saint Stephen’s Basilica

budapest
Saint Stephen’s Basilica Saat Malam Hari

Bangunan ini diberi nama berdasarkan raja pertama Hungaria, Stephen. Dimana didalam bangunan ini dipamerkan tangan kanan dari sang raja yang telah dimumifikasi. Bangunan ini terlihat mencolok dibandingkan bangunan sekitar karena ukurannya yang cukup besar.

Freedom Square

budapest
Soviet Monumen di Freedom Square

Di taman ini anda akan melihat terdapat Soviet monumen yang dideikasikan kepada pasukan Uni Soviet yang telah membebaskan Hungaria dari pendudukan Nazi. Hal ini unik karena semenjak menjadi negara demokrasi pada tahun 1989, banyak monumen Soviet yang dipindahkan ke Memento Park yang berlokasi di luar Budapest.

3. Jewish Quarter

Atraksi di area ini: 

  • Dohány Street Synagogue
  • Andrássy Avenue

Sebelum perang dunia ke-2, 25% penduduk Hungaria adalah Yahudi, namun akibat kekejaman Nazi sekitar 600.000 orang Yahudi harus meregang nyawa. Dengan jumlah yang cukup banyak ini terdapat banyak budaya bangsa Yahudi yang melekat di Hungaria.

Dohány Street Synagogue

budapest
Dohány Street Synagogue
budapest
Dohány Street Synagogue

Synagogue merupakan tempat peribatadan agama yahudi, dan bangunan ini adalah synagogue terbesar di Eropa dan kedua terbesar di Dunia. Saat memasuki bangunan ini anda akan diberikan Yakima dari kertas yang merupakan penutup kepala orang yahudi serta anda tidak boleh membawa makanan kedalam kawasan ini.Jewish Heritage Museum.

Andrássy Avenue

budapest
Hungarian State Opera
budapest
Andrássy Avenue

Andrássy Avenue adalah jalan protokol di Budapest dimana kiri dan kanan jalan anda akan melihat bangunan-bangunan utama Budapest. Hungarian State Opera, House of Terror Museum hingga Heroes Square berlokasi di jalan ini. Bila anda memutuskan untuk berjalan kaki dari city center hingga Heroes Square melalui jalan ini, mata anda akan dimanjakan oleh bangunan Neo-Renaissance yang berjejer dikiri dan kanan jalan.

4. City Park

Atraksi di area ini: 

  • Heroes’ Square
  • Széchenyi Medicinal Baths
  • Vajdahunyadvár Castle

Taman di Budapest ini menyediakan semuanya yang kalian butuhkan, kebun binatang, kastil, thermal spa, danau, hingga amusement park ada ditaman ini.

Heroes’ Square

Heroes’ Square

Pada pintu masuk taman, anda akan disambut oleh sebuah lapangan luas dimana ditengahnya terdapat monumen bernama milenium memorial. Lapangan ini didedikasikan untuk pahlawan-pahlawan Hungaria yang telah memperjuangkan kemerdekaan Hungaria. Dikiri dan kanan Heroes Square anda akan melihar Museum of Contemporary artS dan Museum of Fine arts.

Széchenyi Medicinal Baths

Széchenyi Medicinal Baths

Permandian air panas ini adalah permandian publik pertama yang dibuka di Budapest pada akhir tahun 1800an. Saat memasuki gedung ini anda akan melihat 2 kolam pemandian air panas terbuka berukuran besar, banyak pengunjung lupa bahwa terdapat kolam-kolam lainnya didalam gedung ini. Sekitar 15 kolam air panas dengan temperatur berbeda berlokasi didalam gedung serta sauna dengan jenis berbeda, jadi jangan puas hanya berendam dikolam air panas terbuka saja.

Vajdahunyadvár Castle

Vajdahunyadvár Castle

Kastil yang berada di city park ini dibangun pada tahun 1896 untuk memeriahkan world expo. Sangat jarang menemukan kastil yang berlokasi ditengah kota, apalagi kastil ini terinspirasi dari transylvanian Hunyad Castle.

5. Gellért Hill

Atraksi di area ini: 

  • Citadella
  • Liberation Monument

Selain castle district, terdapat tempat tinggi lain yang bisa anda kunjungi untuk melihat Budapest dari sisi lain yaitu Gellért Hill. Persiapkan kaki anda , anda akan menaiki puluhan anak tangga untuk sampai kepuncak bukit ini. Selain itu bukit ini sangat cocok untuk anda yang ingin mengambil gambar Buda Royal Palace saat malam.

Citadella

Pemandangan dari Citadella
Pemandangan Budapest dari Citadella Saat Malam Hari

Pada zaman Hapsburg Dynasty tahun 1854, lokasi ini dibangun sebagai benteng pertahanan untuk memukul mundur rakyat Hungaria yang ingin menjatuhkan dinasti Hapsburg yang berasal dari Austria. Terdapat banyak meriam yang diposisikan kearah Buda dan Pest. Pada zaman perang dunia ke-2 benteng ini jadi posisi vital yang diperebutkan oleh pasukan Nazi dan Soviet untuk merebut kota Budapest.

Liberation Monument

Liberation Monument
Pemandangan dari Puncak Liberation Monument

Di puncak bukit ini terdapat, liberation monument untuk memperingati pembebasan Hungaria dari Nazi oleh pasukan Soviet. Sama seperti pada Freedom Square, terdapat banyak monumen era soviet yang sudah dipindahkan ke Monument park dan hanya tersisa satu monumen yaitu liberation monument di puncak bukit.

(Visited 612 times, 1 visits today)

3 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: