Skip to content

5 Cara Mencari Beasiswa Master di Luar Negeri

Artikel kali ini saya mencoba bercerita mengenai langkah-langkah yang saya lakukan demi bisa meraih beasiswa keluar negeri. Selain beasiswa LPDP masih banyak tawaran beasiswa lain yang bisa dapatkan, untuk bisa memperbesar peluang mendapatkan beasiswa ada baiknya kita juga mencari beasiswa lain yang tersedia.

Berkuliah diluar negeri mungkin menjadi mimpi sebagian orang untuk dapat merasakan atmosfir belajar dinegara yang memiliki sistem pendidikan yang berbeda dengan di Indonesia, serta menambah pengalaman hidup dinegara orang.

Untuk mewujudkan impian ini, Beasiswa jadi salah satu opsi pilihan untuk dapat mengenyam pendidikan diluar negeri, karena biaya pendidikan serta biaya hidup dinegara yang dituju yang cukup tinggi.

Untuk anda yang tertarik ingin memburu Beasiswa, saya akan membagikan tips-tips cara mencari beasiswa, terutama beasiswa Master.

1. Cari Informasi di Website Kedutaan Besar Negara Tujuan

Beasiswa resmi dari pemerintah biasanya dipromosikan melalui kedutaan besar negara tersebut. Sebut saja beasiswa Monbukagakusho dari pemerintah jepang, Beasiswa KGSP dari pemerintah Korea Selatan ataupun mencari organisasi official yang bertujuan mempromosikan mengenai study di negara tersebut salah satu contohnya adalah studyinsweden

2. Buka Website Kampus Yang Dituju

Cara lain adalah dengan membuka website universitas negara tujuan studi. Biasanya universitas menyediakan informasi khusus mengenai beasiswa, walaupun kadang hanya beasiswa yang mengcover tuition fee tapi kadang bila kita sedang beruntung, terdapat informasi lain yang mengarahkan kita ke pihak-pihak eksternal yang menyediakan Beasiswa ke Universitas tersebut.

Tidak ada salahnya untuk melihat-lihat daftar beasiswa dikampus tujuan kita. Berikut link beasiswa yang ditawarkan oleh kampus saya sekarang di Swedia.

3. Tanyakan Dosen Kampus S1 Kamu atau Dosen Pada Kampus yang Kamu Inginkan

Saya melihat cara ini berhasil karena ada beberapa teman saya yang berhasil melanjutkan Master dengan cara ini. Biasanya Dosen-dosen di kampus Indonesia memiliki jejaring pertemanan dengan dosen-dosen diluar negeri. Biasanya dosen-dosen diluar negeri menawarkan peluang study Master dengan memberitahukan Dosen-dosen di Indonesia mengenai peluang tersebut begitu juga sebaliknya. Bila kalian tertarik coba tanyakan kepada Dosen dikampus kamu mengenai peluang berkuliah di luar negeri.

Cara lain adalah dengan mengkontak dosen pada universitas tujuan, coba perkenalkan diri dan ceritakan mengenai niat riset kamu dan peluang melanjutkan study dikampus tersebut.

4. Datang ke Scholarship Fair

Kadang kita harus datang ke event seperti ini agar mendapatkan gambaran besar mengenai beasiswa-beasiswa apa saja sih yang ditawarkan saat ini. Dengan mengetahui beasiswa yang ditawarkan kita bakal lebih aware dan tidak melewatkan mengenai informasi beasiswa.

5. Tanyakan pada Mahasiswa Yang Berkuliah di Negara Tujuan

Mahasiswa yang sedang berkuliah dinegara tujuan biasanya tau lebih banyak mengenai informasi beasiswa. Karena dari sini kelihatanlah beraneka ragam beasiswa yang mengantarkan mereka studi di luar negeri. Kadang terdapat beasiswa yang tidak masuk dalam daftar kita dan kita lewatkan begitu saja, untuk menghindari hal ini ada baiknya bertanya pada mahasiswa yang sedang berkuliah disana.

(Visited 219 times, 1 visits today)

Be First to Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: