Skip to content

5 Hari Jalan-Jalan dan Road Trip di Iceland

Agustus 2018 jadi kesempatan paling baik untuk bisa melakukan trip di Iceland. Summer jadi musim yang tepat untuk jalan-jalan di Iceland Selain untuk menghindari badai salju saat Winter di Iceland, saat summer cuaca di Iceland sangat sejuk. Kitapun bisa kabur dari musim panas yang sangat menyengat di daratan Eropa yang mencapai 35 derajat celcius.

Karena di Iceland tidak terdapat public transportasi antar kota yang baik, maka pilihan paling masuk akal adalah dengan menyewa mobil dan melakukan road trip. Biaya sewa kendaraan sekitar 300-400 Euro per hari untuk mobil berpenumpang 4 orang. Anda dapat menyewa kendaraan melalui website Hertz atau Avis. Untuk dapat mengendarai mobil di sini ada baiknya untuk menyiapkan sim internasional dan juga yang dapat melakukan pemesanan kendaraan adalah yang menyetir, sehingga kartu kredit yang memesan harus sama dengan surat izin mengemudi (SIM) yang akan menyetir.

Pemandangan selama road trip

Jangan takut, rental mobil yang saya sebutkan diatas berlokasi di Bandara ReykJavik, sehingga saat anda mendarat anda langsung dapat mengambil kendaraan yang telah dipesan.

Menurut saya selain pemandangan, penginapan AirBnB jadi salah satu atraksi yang sangat menarik selama berada di Iceland. Selama disini saya menginap di AirBnB yang memiliki Jacuzzi, tinggal di peternakan kuda, dan penginapan di atas bukit.

Selama 5 hari disini, inilah adalah wilayah yang kami jangkau dengan total jarak tempuh sekitar 1000 Km
iceland
Posisi salah satu Airbnb yang kami pesan
Menginap di peternakan kuda bisa jadi salah satu pengalaman yang dirasakan selama di Iceland
Pemandangan dari salah satu Airbnb yang kami tempati

Selama 5 hari di Iceland saya akan mencoba menceritakan tempat-tempat mana saja yang telah kami kunjungi selama di tanah es ini, semoga bisa membantu petualangan para pembaca yang ingin berkunjungi ke negara ini.

Day 1: Reykjavik

Reykjavik jadi pemberhentian pertama kami, selain karena baru saja mendarat kamipun harus memperbanyak suplai makan. Selama di Iceland kami mencoba untuk selalu memasak makanan di Airbnb dan tidak menghabiskan ongkos untuk makan diluar.

Setelah beres berbelanja makanan, kami menyempatkan diri untuk melihat-lihat kota Reykjavik. Kotanya tidak terlalu megah, tidak ada gedung pencakar langit dan sangat jauh bila dibandingkan dengan Jakarta. Bisa dimaklumi ibukota negara Iceland tidak semegah ibukota negara lainnya. Penduduk negara Iceland saja hanya terdiri dari 300 ribu orang dibandingkan penduduk jakarta yang bisa mencapai 9 juta orang.

Hallgrimskirkja

Salah satu icon kota Reykjavik adalah gereja Hallgrimskirkja yang membutuhkan waktu sekitar 41 tahun untuk membuatnya dan selesai dibangun sekitar tahun 1986. Dengan tinggi sekitar 74,5 meter, gereja ini jadi gereja tertinggi di Iceland.

Reykjavik city view

Day 2: Skógafoss dan Jökulsárlón

Hari kedua kami memutuskan untuk mengunjungi Skógafoss dan Jökulsárlón.

Skógafoss

Skógafoss terletak di selatan Iceland. Butuh waktu 2 jam dari Reykjavik untuk sampai di air terjun ini. Menariknya, air terjun sebesar ini dapat kita dekati dengan mudah. Selain itu kita dapat mendaki untuk sampai keatas air terjun. Dan view dari atas air terjun ini sangat mempesona.

Pemandangan dari atas Skógafoss

Yang menarik dari road trip di Iceland adalah banyaknya hidden gem yang bisa kita temukan selama perjalanan yang tidak ada didalam itinerary. Salah satunya sungai ini, kami memutuskan untuk berhenti untuk mengabadikan sungai tanpa nama ini.

iceland
Sungai dipinggir jalan yang keliatannya bagus

Tempat terkahir yang kami kunjungi dihari kedua adalah Jökulsárlón atau glacier lagoon. Hanya saja saat sampai kesini kita tidak dapat mendekati glacier ini karena lokasinya berada diujung danau. Untuk dapat mendekati glacier ini kita harus mengikuti glacier tour yang disediakan dipusat informasi.

Mengunjungi Jökulsárlón untuk melihat glacier

Day 3: Reykjadalur and Snæfellsjökull National Park

Karena kami tidak modal untuk membayar tiket masuk pemandian air panas bernama blue lagoon. Kamipun memutuskan untuk menuju versi gratisannya bernama Reykjadalur. Reykjadalur atau steam valley berlokasi sekitar 45 menit dari Reykjavik. Sampai disini kami langsung bisa melihat banyaknya uap panas yang keluar dari dalam tanah dan membentuk sungai air panas.

iceland
Reykjadalur, alternatif gratis untuk mandi air panas

Namun untuk sampai ke pemandian air panas gratis itu kami harus berjalan sejauh 3 km. Karena keterbatasan waktu, kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan.

Kubangan air panas di Reykjadalur

Perjalananpun kami lanjutkan ke bagian barat Iceland. Sebelum memasuki Snæfellsjökull National Park, kami memutuskan untuk berhenti di Rauðfeldsgjá Gorge. Tempat ini merupakan bagian dari cerita rakyat daerah setempat. Celah diantara 2 batu ini dapat dimasuki dan dialamnya terdapat sebuah sungai kecil mengalir.

Rauðfeldsgjá Gorge

Akhirnya kami memasuki wilayah Snæfellsjökull National Park, berbeda dengan taman nasional lainnya yang terdiri dari banyak pohon, taman nasional ini isinya hanya tanah kosong sejauh mata memandang. Dengan dilarangnya bangunan didalam taman nasional, perjalan didalam taman nasional ini seakan berlangsung di planet lain.

Londrangar salah satu objek di Snæfellsjökull National Park

Day 4: Stykkishólmur, Kirkjufell, Þingvellir National Park and Kerið

Hari keempat kami mulai dengan mengunjungi Stykkishólmur, sebuah kota di barat Iceland. Kota ini jadi salah satu tempat pengambilan gambar film The Secret Life of Walter Mitty.

Kota Stykkishólmur

Saat akan menuju destinasi berikutnya, kami tanpa sengaja melewati salah satu tempat yang akan menjadi highlight perjalanan ini. Tanpa tau nama tempat ini kamipun memberhentikan mobil dan menikmati pemandangan yang ditawarkan.

Kirkjufell mountain

Ternyata gunung berbentuk runcing ini bernama Kirkjufell Mountain, didepan gunung ini, tepatnya disebrang jalan terdapat air terjun kecil dengan latar belakang pegunungan bernama Kirkjufellsfoss.

Kirkjufellsfoss, air terjun di depan Kirkjufellsfoss Mountain

Kembali lagi, tanpa disangka-sangka kami menemukan hidden gem yang tidak terdapat dalam itinerary.

Pemberhentian kami selanjutnya adalah taman nasional Þingvellir. Tempat ini terbentuk karena adanya pertemuan 2 lempeng tektonik, yaitu Eurasia dan Amerika utara. Selain itu parlemen pertama Iceland ditemukan di daerah ini pada tahun 900 an.

Þingvellir Landscape
Pintu masuk Þingvellir
Katanya salah satu scene Game of Thrones diambil disini
iceland
Dua lempeng benua bertemu disini

Sebagai bonus, akhir perjalanan dihari ini kami akhiri di Kerið. Bekas gunung berapi yang sudah tidak aktif ini meninggalkan sisa crater yang berisi air ditengahnya.

Kerið

Day 5: Gullfoss and Geysir

Pada hari terkahir kami di Iceland, kami habiskan dijalur golden circle dimana jalur ini adalah jalur mainstream yang selalu diambil oleh para turis saat mengunjungi Iceland.

Berbeda dengan tempat yang kami kunjungi sebelumnya yang jumlah turisnya sedikit. Kali ini kami melihat jumlah turis yang cukup banyak. Salah satunya di Gullfoss, air terjun yang cukup besar ini banyak menarik perhatian para turis. Kitapun dapat melihat air terjun ini dari dekat.

iceland
Jumlah pengunjung yang cukup banyak di air tejun Gullfoss
Melihat air terjun dari dekat di Gullfoss

Tempat terakhir yang kami kunjungi adalah geysir. Ternyata saat sampai disini terdapat banyak sekalian pilihan geysir yang bisa kita lihat ada geysir yang menyemprotkan airnya setiap 5 menit sekali, 1 jam sekali bahkan 20 tahun sekali.

iceland
Geysir yang memuntahkan air dari perut bumi
(Visited 20 times, 1 visits today)