Skip to content

9 Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Vienna

vienna
vienna

Baca Perjalanan Lengkap Saya Di Budapest : 5 Area yang Harus dikunjungi Saat Jalan-Jalan di Budapest
Baca Perjalanan Lengkap Saya Di Vienna : 9 Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Vienna
Baca Perjalanan Lengkap Saya Di Prague: Bikin Rute Tur Sendiri, Demi Berhemat Jalan-Jalan di Praha

Setelah puas menjelajahi Budapest, Sayapun bertolak ketujuan berikutnya yaitu Vienna. Yang saya tau dari Ibukota Austria ini adalah pertunjukan operanya yang katanya wajib untuk ditonton. Selain itu setelah sampai disini terlihat bangunan-bangunan gaya kerajaan atau istilahnya Baroque Architecture dapat dilihat berdiri kokoh diseantero kota Vienna.

Pada artikel kali ini saya coba membagikan daftar tempat-tempat yang saya kunjungi di Vienna dan apa yang ditawarkan oleh tempat tersebut. Semoga referensi ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang mengunjungi kota Vienna.

  • Vienna State Opera
  • Saint Stephen’s Church
  • Graben & Plague Monument
  • Hero’s Square & Hofburg Palace
  • Museum Quartier
  • Saint Charles Church
  • Schönbrunn Palace
  • Prater Park
  • Zentralfriedhof

Schönbrunn Palace

vienna
Schönbrunn Palace
vienna
Schönbrunn Palace

Untuk sampai kesini, anda sebaiknya membeli tiket metro kaena lokasinya tidak dekat dengan pusat kota Vienna. Kastil ini jadi tempat tinggal dari keluarga dinasti Hapsburg yang menguasai kerajaan Austria zaman dulu. Kastil yang memiliki taman, air mancur dan juga kebun binatang ini jadi salah satu yang tertua di Dunia.

Saking luasnya kawasan kastil ini anda bisa menghabiskan satu hari penuh disini, ada baiknya anda menghabiskan sore hari anda ditempat ini, agar dapat menyaksikan matahari terbenam dengan suasana kastil. Dibelakang Schönbrunn Palace terdapat bukit yang terhitung lumayan tinggi. Bukit ini sering dijadikan tempat bersantai untuk menikmati sore hari oleh para turis.

Vienna State Opera

vienna
Vienna State Opera

Banyak orang memasukkan menonton opera di Vienna dalam wishlist jalan-jalan mereka. Tanpa disangka-sangka ternyata biaya nonton Opera kelas dunia di Vienna tidak terhitung mahal. Dengan merogoh kocek hanya 4 Euro, kita bisa menyaksikan Opera kelas dunia ini di Vienna State Opera.

Namun harga berbanding dengan kualitas, anda dapat menyaksikan pertunjukkan dari jarak yang cukup jauh dan anda harus menontonnya secara berdiri. Pertunjukkan Opera biasanya berlangsung dalam 3 sampai 4 jam. Karena tidak kuat, 30 menit kemudian saya langsung memutuskan melanjutkan perjalanan ketempat lain.

Saint Stephen’s Church

vienna
Saint Stephen’s Church

Gereja yang berlokasi ditengah-tengah pusat kota ini adalah Gereja katolik yang selesai dibangun pada tahun 1169. Berlokasi di Stephansplatz, gereja ini jadi saksi sejarah berkembangnya kota Vienna. Musikus besar seperti Mozart mengadakan pernikahan dan acara pemakamannya di Gereja ini. Selain itu atap gereja yang dibuat dari keramik ini menambah keunikan karena warnanya yang mencolok. Sebelumnya atap gereja terbuat dari kayu namun hancur karena perang dunia ke-2. Dengan dikelilingi oleh bangunan disekitarnya, gereja ini tetap berdiri kokoh sebagi landmark kota Vienna.

Graben & Plague Monument

vienna
Graben & Plague Monument dan Shopping Street

Graben merupakan salah satu jalan bersejarah yang berlokasi di kota Vienna. Sebagai jalan pertama khusus untuk pejalan kaki di Vienna, sejarah Graben sudah ada semenjak zaman romawi kuno. Sejak tahun 1200an Graben telah menjadi area perdagangan dan pusat perbelanjaan hingga kini. Saat berjalan di jalan ini anda akan menemukan sebuah monumen bernama Plaque Monument. Monumen ini digunakan untuk mengenang 1/3 penduduk Vienna yang wafat karena wabah plaque ditahun 1600an.

Hero’s Square and Hofburg Palace

vienna
Hero’s Square
vienna
Pintu Masuk ke Hero’s Square
vienna
Ringstrasse Tram

Ketika anda memasuki kawasan Hofburg Palace dari Ringstrasse Tram, anda pertama kali akan disambut oleh lapangan luas yang bernama Heroe’s Square. Yang menjadi ciri khas lapangan ini adalah patung penunggang kuda yang seolah menyambut anda dilapangan ini. Tepat dibelakang Heroes Square terdapat kompleks Hofburg Palace yang dulunya tempat tinggal keluarga kerajaan dinasti Hapsburg yang kini jadi tempat kediaman presiden Austria.

Museum Quartier

vienna
Museum of Natural History
vienna
Art History Museum

Berjarak cukup dekat dengan Hero’s Square, kita dapat menemui area bernama Museum Quartier. Museum Quartier jadi lokasi berkumpulnya beberapa museum seperti Museum of Natural History, Art History Museum, Leopold Modern Art Museum & Mumok Museum.

Saint Charles Church

vienna
Saint Charles Church

Gereja ini dibangun sebagai rasa syukur raja Charles VI karena wabah Plaque telah berakhir. Tempat ini jadi lokasi favorit photographer karena didepannya terdapat kolam yang memantulkan bayangan dari gereja ini. Saat kolam tidak digunakan, warga lokal mengunakan lokasi ini sebagai tempat bersantai. Gereja ini berlokasi dekat dengan TU Wien.

Prater Park

vienna
Vienna Giant Ferris Wheel

Biasanya untuk memasuki kawasan taman bermain seperti ini kita wajib untuk merogoh kocek, namun tidak dengan Prater Park. Taman bermain berusia 200 tahun ini dapat kita masuki dengan gratis, namun kita tetap perlu membayar untuk menaiki setiap wahana. Selain taman bermain, prater park juga memiliki kawasan lain yang didedikasikan saebagai public park, jadi kita bisa melakukan aktivitas outdoor lain ditaman ini.

Zentralfriedhof

vienna
St. Charles Borromeo Cemetery Church
vienna
Makam Bethoven

Zentralfriedhof atau public cemetery jadi tempat unik yang kami kunjungi selanjutnya. Tempat ini kami kunjungi karena kami sudah puas mengunjungi objek wisata di pusat kota Vienna. Sekitar 50 orang terkenal dimakamkan disini, sebut saja Mozart, Bethoven, Brahms dan lain-lain. Saking luasnya makam ini kami sempat tersesat karena terlalu jauh memasuki area ini. Makam-makam disini kebanyakan dihias dengan pernak-pernik berbeda dan kadang ada yang dibuatkan bangunan dimakamnya. Bila anda penasaran, anda bisa mengunjungi lokasi ini saat berada di Vienna.

(Visited 83 times, 1 visits today)

2 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: