Skip to content

Belajar Dari Patung Bau di Madrid

Lanjutan dari kisah perjalanan sebelumnya di Barcelona.

Madrid jadi tujuan berikutnya. Ibukota Spanyol ini selalu jadi sasaran tempat singgah para traveller yang sedang berkunjung ke Spanyol. Di karenakan posisinya tepat ditengah-tengah Spanyol, Mau tidak mau kita harus mengunjungi kota ini.

Banyak saran yang menyarankan agar kita meng-skip Madrid dari peta perjalanan. Dikarenakan spot-spot tourism di Madrid terbilang sedikit dan tidak terlalu banyak yang dilihat. Namun rasanya kurang afdol bila tidak mengunjungi ibukota suatu negara apalagi posisinya yang strategis.

Akhirnya kami pun singgah di kota Madrid.

Ramainya Kota Madrid

Sebenarnya sejarah Madrid ini cukup kompleks dan menarik. Banyak tarik ulur antar keluarga untuk merebut kekuasaan. Saran saya apabila kotanya tidak terlalu menarik, coba cari tawaran free walking tour. Salah satu jasa free walking tour di kota Madrid yang kami coba yaitu https://www.neweuropetours.eu/ . Cukup melakukan reservasi terlebih dahulu, anda dapat merasakan sejarah kota Madrid dengan lebih lengkap.

Dengan mengetahui sejarah kota yang kita kunjungi kita dapat mengapresiasi kota tersebut. Dan biasanya diakhir tour kita dapat memberikan tip ke pada si guide untuk jasa yang telah dia berikan.

Free Walking Tour

madrid
Restaurant Tertua di Dunia
madrid
Restaurant Tertua di Dunia

Awalnya kami berkumpul di Plaza Mayor terlebih dahulu, kemudian si guide yang biasanya orang lokal akan membawa kita dan menceritakan sejarah dari kota Madrid. Kita dibawa melihat restaurant tertua di dunia bernama Restaurante Botín, kemudian bar tempat nongkrong Ernest Hemingway, titik-titik penting kota Madrid zaman dahulu, sejarah pembunuhan zaman kerajaan. Dan masih banyak lagi.

Yang unik adalah kota Madrid pada awalnya tidak direncanakan sebagai ibukota suatu negara, oleh karena itu bangunan-bangunan unik lebih banyak berada di Toledo. Namun semua diubah oleh King Alfonso I untuk memfokuskan Madrid menjadi Ibukota. Oleh karena itu saat mengunjungi Madrid, akan ada cerita sejarah bagaimana Madrid memiliki tembok pertahanan yang berlapis-lapis. Hal ini disebabkan karena jumlah penduduk yang semakin meningkat saat zaman dahulu, sehingga untuk melindungi rakyatnya dibangunlah tembok pertahanan.

Museo Del Prado

Tampak Depan Museo del Prado

Bagi anda pencinta seni, mungkin wajib mengunjungi wilayah ini. Salah satu jalan di daerah Madrid diberi nama Golden Triangle of Art. Dikarenakan di wilayah ini terdiri atas 3 museum seni kelas dunia.

Berdasarkan Wikipedia terdapat 3 museum tersebut yang posisinya saling berdekatan.

  • Prado Museum (Museo del Prado) — a National Museum featuring pre-20th-century art .
  • Reina Sofía Museum (Museo Nacional Centro de Arte Reina Sofía) —a National Museum featuring 20th century modern art.
  • Thyssen-Bornemisza Museum — a National Art Museum with a collection of historical through contemporary art, open to the public.
    Gallery,

Kami memutuskan mengunjungi Museo Del Prado. Museum ini gratis dari pukul 6 PM – 8 PM. Karena saya tidak terlalu mengerti seni dan bisa pusing kalo terlalu banyak melihat lukisan. Akhirnya waktu yang terbatas ini saya gunakan dengan melihat lukisan yang terkenal saja. Dengan list lukisan terkenal yang didapat dari meja resepsionis, saya menyusuri list itu satu per satu. Saya rasa cara ini cukup ampuh dan efisien untuk mengatasi rasa bosan saat melihat lukisan.

Salah satu lukisan yang cukup menarik menurut saya adalah lukisan karya Raphael yang berjudul “Potrait of a Cardinal”.

Sekeluarnya kami dari museum tersebut, kami berencana pulang kembali ke penginapan. Saat berjalan didekat toko souvenir, si pemilik toko souvenir tersebut memanggil kami dan mengatakan ada yang mengikuti kami dari belakang. Sudah banyak kasus yang serig terjadi seperti ini, dimana turis sering kecopetan dan biasanya pelakunya berpenampilan seperti layaknya turis.

Kamipun mengucapkan terima kasih kepada si pemilik toko souvenir dan tidak lupa membeli suvenir di toko tersebut. Selang beberapa puluh meter, salah satu dari kami merasa ada yang mendekati, dan saat dicek tasnya sudah terbuka. Untung saja tidak ada barang berharga didalam tas tersebut.

Pengalaman ini membuat saya memasang gembok pada tas pinggang demi keamanan kemana-mana.

Palacio Real (Royal Palace of Madrid)

Didalam Istana
Didalam Istana
Tampak Luar Istana

Biaya masuk adalah sekita 10 EUR. Istana ini adalah yang terbesar berdasarkan floor area di Eropa. Tiket masuk yang sudah dibeli akan membawa kita melihat-lihat bagaimana isi dari istana ini. Terdapat banyak lukisan, patung dan museum-museum lain salah satunya adalah royal armory di kompleks istana ini.

Bila dilihat dari luar, Istana ini terlihat modern. Hal ini dikarenakan istana ini sempat terbakar di tahun 1700 an, sehingga raja yang berkuasa saat itu memerintahkan untuk membangun istana baru diatas istana yang terbakar.

Plaza Mayor

Plaza Mayor

Pasti anda bertanya-tanya dimana kah cerita dari patung kuda bau yang ada di Madrid? Karena mengikuti free walking tour ini, saya mengetahui kisah unik dari sebuah patung di kota Madrid.

Plaza mayor adalah town square, tempat banyak orang berkumpul dan sering dijadikan meeting point. Di Plaza Mayor inilah, Terdapat sebuah patung unik yang menggambarkan king Felipe III sedang menunggangi kuda.

Patung King Felipe III

Pada awal-awal patung ini berdiri, sering muncul aroma-aroma tidak sedap dari patung ini, orang pada zaman itu mengira bahwa terdapat hal supernatural dari patung ini. Namun, pada awal abad ke-19, patung ini dirusak sebagai akibat perang saudara di Spanyol. Didalam patung perunggu ini terdapat tulang-belulang berukuran kecil dan bangkai burung didalamnya.

Ternyata sumber bau yang selama ini tercium berasal dari burung yang terperangkap didalam patung tersebut. Terperangkapnya burung ini diakibatkan adanya lubang pada mulut patung kuda.

Pengalaman mengenai patung bau ini, membuat saya jadi belajar walaupun sebuah kota itu tidak terlalu menarik karena minimnya tourist attaractions atau panoramanya yang itu-itu saja. Tetapi terdapat banyak hal unik yang dapat digali dari sebuah kota salah satunya adalah sejarah. Sebuah kota akan selalu menarik untuk dikunjungi karena banyak sejarah unik yang selalu menyelimuti kota tersebut.

(Visited 46 times, 1 visits today)

One Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: