Skip to content

Jalan-Jalan dan Berburu Aurora di Tromsø

Musim dingin sangat identik dengan salju, namun persepsi itu berbeda bila kalian hidup di belahan bumi paling utara salah satunya kota Tromsø. Musim dingin tidak hanya berkaitan dengan salju, namun salah satu atraksi yang ditunggu-tunggu adalah Northern Light atau Aurora.

Bila kota yang anda diami berlokasi melewati Artic Circle, maka ada kemungkinan anda bisa melihat cahaya hijau menari-nari disetiap malam pada musim dingin.

Karena posisi Stockholm yang jauh dari Artic circle, maka sangat jarang masyarakat Stockholm dapat melihat pemandangan dari Aurora.

Bermodalkan Kamera, Tripod, Winter Jacket, dan juga Long Johns. Saya dan beberapa teman terbang menuju kota terbesar di belahan bumi paling utara yang bernama Tromsø. Tromsø jadi tempat favorit melihat Aurora selain karena kotanya yang cukup besar, juga temperaturnya tidak begitu dingin dibanding kota dibelahan utara lainnya karena letak geografisnya.

Sama seperti perjalanan di Iceland sebelumnya, salah satu cara untuk menjelajahi Tromsø adalah dengan menggunakan mobil. Harga sewa mobilnya pun dapat dibilang terjangkau, untuk mobil berpenumpang 4-5 orang dapat disewa dengan harga sekitar 3000 SEK selama 5 malam.

Read More: 5 Hari Jalan-Jalan dan Road Trip di Iceland

Anda dapat menggunakan Bus untuk berkeliling dikota ini, namun suhu dingin hingga minus beberapa derajat celcius dan salju setinggi satu meter bisa membuat pengalaman menunggu bus jadi tidak mengenakkan. Selain itu banyak tempat-tempat bagus yang lokasinya berada diluar kota, sehingga menggunakan mobl adalah hal yang wajib disini.

Selama 5 malam di Tromsø, kami berencana untuk mengunjungi beberapa tempat, berikut list tempat yang akan dikunjungi

  • Hari 1: Tiba dan langsung berburu Aurora di Ersfjordbotn
  • Hari 2: Road trip ke Tromvik dan Fjellheisen Cable Car
  • Hari 3: Road trip ke Senja Island
  • Hari 4: Road trip ke Sommaroy
  • Hari 5: Pulang
tromso
Aurora sudah jadi barang biasa di Tromso, foto dekat penginapan

Hari 1: Tiba dan langsung berburu Aurora di Ersfjordbotn

Sesampainya dipenginapan, pemilik penginapan langsung memberitahu bahwa malam ini kita dapat melihat langsung Aurora. Saking terbiasa pemilik penginapan ini melihat Aurora, dia sampai tahu kapan Aurora bisa muncul hanya dengan merasakan temperatur lingkungan begitu katanya.

Dia pun menyarankan untuk menuju ke Ersfjordbotn karena lokasinya yang strategis dan tidak banyak cahaya lampu disekitarnya. Selain itu lokasi tempat ini berupa pantai yang kiri dan kanannya terdapat 2 bukit tinggi, sehingga pemandangan Aurora yang dilihat akan semakin mempesona.

Kami menghabiskan malam di Ersfjordbotn, temperatur saat itu kira-kira -4 hingga -6 derajat celcius. Jangan lupa untuk membawa sepatu winter dan celana anti air, karena salju yang sangat tebal, dan bila capai berdiri kita bisa langsung duduk diatas salju tanpa perlu takut basah.

Tidak berapa lama menunggu kami langsung bisa melihat pemandangan Aurora, dan benar saja disini kami bila melihat Aurora dengan mata telanjang, tidak perlu mengatur shutter speed kamera karena Aurora yang menari-nari dilangit dapat dilihat dengan sangat jelas dengan mata telanjang.

Tromso
Pemandangan Aurora di Ersfjordbotn
tromso
Cahaya Aurora yang sangat kuat
tromso
Waktunya pulang, cahaya northern light mulai redup

Hari 2: Road trip ke Tromvik dan Fjellheisen Cable Car

Tromvik merupakan salah satu kota Nelayan di Norwegia, dimana ikan hasil tangkapan disini biasanya langsung diekspor ke negara Eropa lainnya. Selain kota Nelayan, kawasan Tromvik menjadi tempat wisata karena saat winter kita bisa bermain ski, saat summer kita dapat memilih memancing sebagai aktivitas liburan.

tromso
Perjalanan menuju Tromvik

Karena perjalan dari Tromso ke Tromvik hanya memakan waktu 1 jam, maka malam harinya kami memilih untuk menaiki cable car, untuk melihat kota Tromso dari ketinggian. Nama tempatnya adalah Fjellheisen yang berjarak 10 menit dari pusat kota Tromso. Cukup dengan membayar 230 NOK atau 340 ribu rupiah, kita bisa naik sampai ketinggian 420 meter dan mendapatkan pemandangan kota Tromso.

tromso
Pemandangan Kota Tromsø dari atas bukit

Hari 3: Road trip ke Senja Island

Perjalanan ke pulau senja dapat dibilang salah satu road trip dengan view terbaik yang pernah saya alami. Berjarak sekitar 3 jam dari kota Tromso, Senja memberikan pemandangan Matahari tenggelam yang cukup spektakuler.

senja
Jalan yang dilalui untuk menuju Senja
senja
Bergsfjorden, salah satu pemandangan di Senja Island
Senja
Devil Teeth, salah satu pemandangan diujung pulau Senja

Hari 4: Road trip ke Sommaroy

Sommaroy adalah tempat liburan musim panas bagi warga sekitar. Mungkin dikarenakan terdapat pantai berpasir ditempat ini. FYI sangat susah menemukan pantai berpasir di negara Scandinavia, mungkin itu salah satu sebabnya Sommaroy jadi tempat wisata disaat summer.

Sommaroy
Jembatan yang menghubungkan Sommaroy dengan pulau lainnya

Hari terakhir di Tromso, kami mencoba berkeliling kota Tromso untuk membeli Souvenir. Dan seperti tipikal kota Scandinavia disaat musim dingin, salju tebal jadi pemandangan unik dari kota ini.

kota tromso
Salah satu sudut kota Tromsø
gereja ditromso
Salah satu Gereja yang terletak paling utara Bumi

Tromso dapat dibilang salah satu tempat komplit untuk berwisata, kita bisa melihat Aurora dan pemandangan yang ditawarkan cukup indah. Mungkin saya harus kesini lagi saat summer.

(Visited 84 times, 1 visits today)

6 Comments

  1. Seems like a wonderful journey you’ve had! Always envy those who have seen the dancing aurora. Also, I’ve always wanted to go to Senja Island!
    Will check out your other travel posts. Salam dari follower baru. 🙂

    • Admin Admin

      Thank you for reading my blog, Agree Aurora is a great experience and need to be seen when you alive

Leave a Reply

%d bloggers like this: