Skip to content

Jalan-Jalan ke Pompeii, Kota yang Hilang Dari Peradaban

Baca Artikel Jalan-Jalan di Napoli Sebelumnya: Pengalaman Melihat Laut Biru di Capri

Bila kalian berkunjung ke Napoli. Pompeii dapat dimasukkan kedalam tempat yang wajib kalian kunjungi. Pompeii merupakan kota kuno yang terkubur karena letusan gunung Vesuvius. Akibat letusan gunung ini, seluruh kota hilang dari peradabaan dan penduduk yang tidak dapat melarikan diri tewas akibat letusan gunung tersebut. Mengapa Pompeii menarik untuk dikunjungi? Salah satu alasannya adalah, kita dapat memahami bagaimana kehidupan warga Romawi jaman dahulu.

Untuk bisa sampai ke Pompeii dari Napoli, kita dapat menaiki kereta Circumvesuviana dari Napoli central dengan tiket seharga 3 Euro sekali jalan. Kereta akan selalu tersedia setiap 30 menit untuk jalur ini. Dengan menaiki kereta kearah Sorrento, perjalanan ini akan memakan waktu kira-kira 36 menit. Ketika naik kereta ini, kalian harus turun di stasiun Pompei Scavi. Dari stasiun ini kita tinggal berjalan kaki ke pintu gerbang memasuki kawasan Kota Kuno Pompeii. Harga tiket untuk memasuki kawasan ini sebesar 15 Euro, untuk ticket silahkan cek di http://www.pompeiisites.org/ .

Karena kawasan kota kuno Pompeii ini cukup luas mungkin kalian dapat menghabiskan waktu seharian untuk mengelilingi kota ini. Oleh karena itu untuk yang memiliki waktu terbatas silahkan kunjungi link ini https://www.visitpompeiivesuvius.com/en/pompeii. Di link tersebut terdapat itinerary tempat-tempat yang harus kalian lihat berdasarkan berapa lama waktu yang dapat kalian habiskan di Pompeii.

Karena saya menghabiskan waktu seharian penuh di Pompeii terdapat beberapa tempat yang menurut saya unik dan coba saya tampilkan dalam bentuk foto-foto dibawah ini.

Pemandangan awal saat memasuki kawasan kota kuno Pompeii
Korban dari letusan gunung Vesuvius
Sanctuary of Venus atau Kuil Venus yang dipercaya oleh masyarakat zaman dulu sebagai pelindung kota ini
Basilica atau ruang sidang untuk hakim mengambil keputusan pada zaman dulu
House of the Faun, yang katanya adalah rumah termegah di Kota Pompeii zaman dulu
Theater sebagai lokasi pertunjukkan seni saperti drama atau puisi
Gelanggang Olahraga untuk latihan memanah dan kegiatan olahraga lainnya
Amphitheater ini digunakan sebagai tempat tarung gladiator dan acara olahraga
Forum merupakan salah satu tempat terluas di Pompeii, dimana pada zaman dahulu dijadikan sebagai pusat aktivitas
Katanya jalur yang ditengah ini adalah jalur air

Setelah mengunjungi Pompeii, dapat dibilang Pompeii adalah kota yang sangat makmur pada zamannya. Fasilitas lengkap seperti pusat olahraga dan pusat seni disediakan oleh kota ini. Tidak dapat dibayangkan apa yang akan terjadi bila Pompeii tidak hancur pada abad ke 1, mungkin sekarang Pompeii menjadi salah satu kota besar Italia. Dengan mengunjungi Pompeii seolah kita kembali ke masa lalu dan melihat gaya hidup masyarakat Romawi kuno. Bila kalian memiliki ketertarikan dengan sejarah, mungkin Pompeii wajib dikunjungi untuk merasakan bagimana rasanya sehari menjadi masyarakat Romawi kuno.

Baca Artikel Jalan-Jalan di Napoli Sebelumnya: Pengalaman Melihat Laut Biru di Capri

(Visited 12 times, 1 visits today)

2 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: