Skip to content

Jalan-Jalan Sampai Pegal di Kota Air Venice

Bila sudah sampai di Italia Utara, wajib hukumnya untuk mengunjungi kota yang satu ini. Kota Venice berlokasi di Venetian Lagoon dan merupakan pusat perekonomian pada abad pertengahan.

Kita semua sudah tau, yang membuat Venice terkenal adalah kehebatan orang-orang Venezia membangun gedung-gedung di Lagoon ini. Sehingga sebuah kota dapat berdiri dengan gagah ditengah air.

Kota yang tidak memiliki jalan dan kendaraan bermotor ini, mengandalkan transportasi air seperti perahu dan boat untuk berpindah dari satu titik ke titik lain. Bila kita perhatikan terdapat banyak sekali kanal yang akan kita jumpai disini dan ini yang menjadi ciri khas Venice. Saking banyaknya kanal di Venice, terdapat 400 jembatan yang tersedia agar kanal-kanal tersebut dapat disebrangi.

Pemandangan Awal saat sampai ke Stasiun Venezia Santa Lucia

Saya pada awalnya berada di Milan, dan untuk sampai ke Venice, saya menggunakan kereta dan memakan waktu kira-kira 2.5 jam. Untuk yang akan berkunjung di Venice harap memperhatikan stasiun tempat pemberhentian kereta. Karena terdapat stasiun bernama Venice Mestre dan Venezia Santa Lucia. Stasiun Venice Mestre akan membawa anda ke daratan Venice dan ini bukan Venice yang memiliki kanal dan berada di perairan. Sehingga stasiun yang ingin anda tuju adalah Venezia Santa Lucia, yang berlokasi di daerah perairan.

Cerita Sebelumnya: 1 Hari Melihat Kota Mode Milan, Italia

Pemilihan akomodasi di Venice juga akan sangat tricky. Karena harga penginapan di Venice cukup mahal dibanding kota-kota lain di Italia. Bila kalian akan menginap di Venice, sangat disarankan untuk menginap dilokasi dekat dengan stasiun Venezia Santa Lucia. Karena Venice hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki, sehingga bila penginapan anda dekat dengan stasiun kereta, maka akan sangat mudah untuk anda memindahkan koper bawaan. Bila anda memilih penginapan yang jauh dari stasiun, mungkin anda harus siap-siap merogoh kocek menyewa taksi air yang harganya lumayan mahal.

Kisah perjalanan di Italia lainnya : 13 hari berpanas-panasan di Italia

Persiapkan kaki kalian, karena jalan kaki adalah hal yang wajib dilakukan di Venezia

Di Venice saya kira-kira menghabiskan waktu 1 hari penuh, dan karena saya memulai jalan-jalannya keesokan harinya, maka saya harus menaruh koper bawaan di tempat penitipan tas. Terdapat pentipan tas di stasiun, namun antriannya akan sangat panjang, karena sistem penitipan masih dilakukan secara manual. Jadi siapkan waktu lebih bila anda berencana menitipkan tas bawaan anda, biayanya kira-kira 6 Euro per tas untuk 5 jam kalo saya tidak salah.

Warga lokal lebih memilih menggunakan Motor Boat untuk berpindah dari satu titik ke titik lain

Dan akhirnya setelah seluruh printilan-printilan dapat diselesaikan, saya siap untuk mengelilingi Venice. Terdapat beberapa list tempat yang sudah saya siapkan, dan semuanya di tempuh dengan berjalan kaki. Pada hari itu saya menepuh sekitar 15 Km berjalan kaki di Venice, tidak heran mengapa kata pegal menjadi judul dari artikel kali ini.

Rialto Bridge & Canale Grande

Rialto Bridge yang membantu orang-orang untuk menyebrangi Canale Grande

Hal pertama yang dilakukan orang-orang saat berada di Venice adalah mengunjungi Rialto Bridge. Di jembatan ini kita akan langsung dapat melihat Canale Grande atau big canal. Kanal ini adalah kanal terbesar yang membelah Venice, dan lalu lintas utama kapal-kapal yang melalui Venice. Saat melihat Canale Grande dari Rialto Bridge, disitulah kita sadar bahwa Venice benar-benar berada diatas air. Dekatnya gedung-gedung dengan permukaan air, membuat gedung-gedung di Venice terlihat seolah terapung diatas air.

Sibuknya Canale Grande

Rialto Bridge ini berfungsi untuk menghubungkan San Marco dan San Polo distrik. Saat melewati jembatan ini kita akan disuguhkan beberapa toko yang menjual pernak pernik khas Venezia.

Terdapat sebuah Mall dekat dengan Rialto Bridge, disini kita bisa mendapatkan view seluruh Venice dari ketinggian

Di dekat Rialto Bridge, terdapat sebuah mall bernama T Fondaco dei Tedeschi by DFS. Mall ini menawarkan terrace view secara gratis kepada pengunjung. Jadi kita dapat melihat pemandangan 360 derajat kota Venice dari ketinggian saat berada di gedung ini. Bila kalian tertarik untuk naik keatas gedung ini, silahkan book jadwalnya dilink berikut ini.

St. Mark’s Square

St. Mark’s Basilica (Kiri) dan San Marco Campanile (Kanan)

Tempat berikutnya yang wajib untuk didatangi adalah St. Mark’s Square. Untuk sampai disini jarak yang harus ditempuh sekitar 600 meter dari Rialto Bridge dengan berjalan kaki. Sebagai square terbesar di Venice, square ini juga merupakan kompleks pemerintahan kota Venice. Disini terdapat St. Mark’s Basilica, Doge Palace dan San Marco Campanile.

Saat melihat sisi depan St. Mark’s Basilica, kita aka melihat mosaik berwarna emas yang tampak menonjol. Basilika ini adlah bukti kesuksesan masa-masa emas kota Venice zaman dahulu.

Suasana St. Mark’s Square
San Marco Campanile adalah bangunan tertinggi di Venice dan bangunan sebelah kiri adalah Doge Palace

San Marco Campanile adalah bangunan tertinggi di Venice, dengan tinggi sekitar 98.6 Meter. Bangunan ini berfungsi sebagai menara pengawas dan merupakan replika. Sebab banguna yang asli telah runtuh pada tahun 1902

Venice Snapshoots

Pada bagian ini, terdapat beberapa foto yang saya ambil saat berada di Venice. Dari sini saya paham, seluruh kawasan Venice adalah objek wisata dan pada artikel ini saya tidak dapat membuat daftar tempat yang harus dikunjungi saat berada di Venice. Karena semua yang ditawarkan Venice adalah objek wisata dan experience yang ditawarkan Venice adalah saat berjalan kaki diseputaran Venice.

Salah satu gereja di kota Venice
Gondola sebagai salah satu turis atraksi di Venice, biayanya sekitar 80 Euro
Bangunan warna-warni menemani saat berjalan-jalan di Venice
Suasana yang akan dirasakan saat berjalan kaki di Venice
Perahu sedang parkir
(Visited 69 times, 1 visits today)

4 Comments

  1. ari ari

    foto saya kok gak ada ya mas?

    • Admin Admin

      Wah ini foto ke Venice tahun 2018

Leave a Reply

%d bloggers like this: