Skip to content

Pengalaman Melihat Laut Biru di Capri

Baca Artikel Jalan-Jalan di Napoli Sebelumnya: Jalan-Jalan ke Pompeii, Kota yang Hilang Dari Peradaban

Kisah perjalanan di Italia lainnya : 13 hari berpanas-panasan di Italia

Perjalanan saya di Italia diawali dengan mengunjungi kota Napoli atau dalam bahasa Inggris bernama Naples. Kota Napoli sangat cocok dijadikan sebagai base camp untuk melakukan day trip ke Capri, Pompeii, atau Amalfi Coast.

Saat berada di Naples, saya memutuskan untuk mengunjungi Capri dan Pompeii. Alasannya simpel karena foto-foto yang bertebaran di Internet menunjukkan betapa indahnya Capri dan laut birunya, serta rasa penasaran dengan kota kuno Pompeii yang hancur karena letusan gunung Vesuvius.

Saat hari pertama tiba di Napoli, saya putuskan untuk beristirahat karena sebelumnya saya menderita cacar air. (Semoga tidak ada yang tertular karena saya). Hari kedua, saya dan teman-teman memutuskan untuk mengunjungi pulau Capri. Pulau yang berlokasi di teluk Napoli dapat dicapai dengan menggunakan ferry dengan durasi kurang lebih 50 menit hingga 90 menit dari Napoli. Harga satu kali perjalanannya berkisar antara 14-24 Euro. Tiket dapat dibeli secara online atau dibeli langsung di pelabuhan. Perlu dicatat terdapat 2 Pelabuhan yang melayani rute ferry dari Napoli ke Capri yaitu Calata Porta di Massa dan Molo Beverello, mohon perhatikan kedua pelabuhan ini, walaupun berdekatan namun akan sangat menyebalkan kalo kalian sampai ketinggalan kapal, karena salah pelabuhan.

Untuk informasi waktu dan harga ferry menuju capri dapat dicek dilink ini.

Sebenarnya salah satu tour utama yang ditawarkan Capri adalah untuk mengitari pulau dengan boat dan memasuki goa-goa yang menawarkan pantulan air berwarna biru salah satunya adalah Blue Grotto. Namun kali ini kami lebih memilih melakukan hiking dengan berjalan menuju Monte Salero, titik tertinggi di Pulau Capri.

Lihat postingan ini di Instagram

#capri #italy #beach #sony #a6000 #summer

Sebuah kiriman dibagikan oleh I Wayan KurniawanAdityaWardana (@kurniawanwardana) pada

Berjalan Kaki dari Pelabuhan Marina Grande menuju Piazetta

Ferry dari Napoli bersandar di wilayah Marina Grande, Capri. Dari sini saya memutuskan untuk berjalan menuju Piazetta, dapat dibilang Piazetta adalah pusat kota dari Capri, dimana terdapat banyak restaurant dan juga toko-toko yang menjual pernak-pernik. Untuk sampai ke Piazetta selain berjalan kaki, kita dapat menggunakan funicular untuk mencapai tempat ini. Karena berlokasi di dataran tinggi kita dapat melihat pelabuhan Marina Grande dari atas serta melihat pemandangan laut biru dari Piazetta.

Tangga yang harus dilalui demi mencapai Piazetta

Kami memilih berjalan kaki, selain berhemat juga untuk lebih menikmati pemandangan yang ditawarkan pulau Capri. Selam perjalanan yang berjarak 1 km, kami harus selalu siap menginjakkan kaki pada setiap anak tangga. Bila perjalanan terasa capai, tinggal menengok kebelakang untuk melihat pemandangan laut dan juga pelabuhan, rasa capai akan terasa hilang dan makin semangat untuk mencapai Piazetta.

Pemandangan dari Piazetta
Terdapat banyak toko-toko di Piazetta

Berjalan Kaki dari Piazetta menuju Belvedere of Punta Cannone

Melihat sisi sebrang pulau Capri di Belvedere of Punta Cannone
Jalan berkelok ini bernama Via Krupp

Setelah menyantap makan siang, kami memutuskan untuk berjalan ke Belvedere of Punta Cannone untuk melihat sisi lain dari pulau Capri. Perjalanan kesini berjarak sekitar 1 km berdasarkan aplikasi google maps. Selama berjalan kaki, kami berjalan melalui rumah-rumah warga lokal. Jalan disini berbentuk gang sempit, dan tidak terlalu ramai seperti di Piazetta.

Sesampainya di Belvedere of Punta Cannone, kami langsung disuguhi pemandangan laut biru dan juga tebing-tebing tinggi. Bila sudah berada disini, kita dapat berjalan sedikit menuju Giardini di Augusto Viewpoint. Di sini kita dapat melihat jalan berkelok dari atas tebing menuju ke pantai yang bernama Via Krupp.

Belvedere of Punta Cannone kembali ke Marina Grande

Setelah berjalan cukup jauh sampai ke sisi lain pulau Capri, kami memutuskan kembali ke Marina Grande. Hal ini dilakukan karena Bus untuk mencapai ke Monte Salero tersedia di Marina Grande. Selain itu kenapa kami tidak berjalan kaki, karena jalan menuju kesana sangat menanjak dan kami ingin mencoba melihat-lihat kembali Marina Grande.

Menaiki Bus dari Marina Grande ke Anacapri

Marina Grande, tempat kita akan menaiki bus menuju Anacapri sekaligus pelabuhan menuju Napoli

Biaya Busnya kira-kira 2 Euro, dan ukuran busnya tergolong bus mini. Selain itu kita juga harus menunggu sekitar 25 menit, karena frekuensi busnya selalu ada sekita 25 menit sekali. Untuk mengisi waktu kita bisa berkeliling di Marina Grande atau bahkan bermain air karena terdapat pantai didekat pemberhentian bus ini.

Petunjuk transportasi di Capri

Sesampainya di Ancapri kami mencoba mengeksplor kota ini, kota ini berada didataran tinggi dan posisinya lebih tinggi dari Piazetta yang sebelumnya kita datangi. Bangunan disini terlihat lebih rapih dan tembok-tembok bangunan didominasi oleh warna putih. Dari Anacapri kami menaiki chairlift untuk sampai ke titik tertinggi pulau Capri, Monte Salero. Saya merogoh kocek sekitar 11 Euro untuk rute bolak balik menuju Monte Salero.

Kota Anacapri
Menaiki chairlift menuju Monte Salero seharga 11 EUR
Namun karena cuaca yang berawan, kami tidak dapat melihat seluruh pulau dari Monte Salero

Hanya saja ketika sampai diatas, cuaca sedang cukup berawan, sehingga kami tidak dapat melihat keseluruhan pulau dari titik ini. Ada baiknya, untuk datang lebih awal kesini seperti siang hari ketika awan tidak terlalu banyak berkumpul di Monte Salero.

Berjalan Kaki dari Anacapri ke Marina Grande

Perjalanan pulang dari Anacapri menuju Marina Grande
Pemandangan selama perjalanan pulang

Setelah gagal mendapatkan pemandangan bagus dari Monte Salero, kami meutuskan berjalan kaki menuju Marina Grande dari Anacapri. Perjalan kali ini terhitung mudah karena trek yang dilalui menurun dan tidak ada anak tangga yang harus dinaiki namun hanya ada dituruni.

Selain itu pemandangan selama perjalanan dapat dibilang lebih bagus dibanding saat kami menuju Piazetta, karena jalur yang kami lalui berlokasi di Pinggir tebing dan juga posisinya cukup tinggi. Sehingga mata kami lebih dimanjakan selama perjalanan pulang. Kira-kira kami menempuh sekitar 2 km untuk dapat kembali ke Marina Grande.

Capri dapat dibilang pengalaman pertama selama trip di Eropa untuk mengunjungi sebuah pulau, foto-foto diinternet ternyata tidak berbohong. Capri memang menawarkan pemandangan indah dan laut biru yang menawan. Sangat cocok buat anda pencita Laut untuk mengunjungi tempat ini.

Baca Artikel Jalan-Jalan di Napoli Sebelumnya: Jalan-Jalan ke Pompeii, Kota yang Hilang Dari Peradaban

(Visited 52 times, 1 visits today)

3 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: